Formula 1 Imola 2022

Verstappen Asapi Leclerc di Dua Lap Terakhir Sprint Race F1 Imola 2022

Max Verstappen akhirnya sanggup bangkit dan menyusul Charles Leclerc hingga ke garis finish. RedBull CP
Max Verstappen akhirnya sanggup bangkit dan menyusul Charles Leclerc hingga ke garis finish. RedBull CP

Autogear.id - Mengawali balapan dari posisi start pertama, bukan jaminan untuk berada di posisi itu saat keluar dari tikungan pertama. Hal juga ditunjukkan oleh Max Verstappen yang mengalami masalah saat mengawali balapan Sprint Race F1 Imola yang berlangsung pada Sabtu (23/4/2022). Ia kehilangan traksi roda mobilnya saat mengawali balapan dan langsung kehilangan posisi terdepan.

Beruntung kondisi itu tak berlangsung lama lantaran Ia akhirnya tetap konsisten di urutan kedua. Lantaran di sesi Sprint Race tak diperbolehkan melakukan pit stop dan hanya berlangsung selama 20 lap saja, membuat Max Verstappen cukup beruntung. Tunggangan Charles Leclerc yang pertengahan balapan mulai menjauh, justru mengalami degradasi cukup besar menjelang garis finish.

Kondisi ini lantas dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Verstappen dan tetap menguntit di bawah satu detik di belakang pembalap asal Monako pemimpin klasemen balapan F1 2022 itu. Dan ternyata, strategi itu sukses. Pada dua lap terakhir, Ia menyusul dengan sangat baik dan terlihat perbedaan performa antara Red Bull dan Ferrari, jadi sangat komplang.

"Merail hasil bagus di sesi Sprint Race ini adalah hal yang positif. Padahal saat melihat awal balapanku, itu sangat buruk. Beruntung saya bisa mempertahankan performa terbaikku dan mengejar Leclerc serta menyusulnya," klaim Verstappen.

Baca Juga:
Rea Kembali Tampil Garang di Race-1 WSBK Assen 2022

Leclerc yang awalnya tahu bahwa Ia akan dikejar dengan performa maksimal oleh Max, sebenarnya menjalankan strategi apiknya. Yaitu tak membiarkan Max berada di zona aktivasi DRS atau dalam cakupan selisih 1 detik di belakang. Namun apa daya pembalap asal Monako itu tak bisa bertahan lebih lama. Performa ban mobilnya drop secara signifinkan. 

Beruntung Ia tak tersusul oleh rekan setim Max yaitu Sergio Perez yang juga menyusul dengan cepat. Jika saja masih tersisa 2 atau 3 lap lagi, maka bisa dipastikan Leclerc akan tergeser ke posisi 3 setelah Perez.

Bagian menariknya adalah Perez yang sanggup memainkan peran penting di sesi ini. Ia sanggup mencapai posisi ketiga dan bakal mengawali balapan di sesi Feature Race di grid ketiga. Ia akan berdampingan dengan rekan setim Leclerc di Ferrari yaitu Carlos Sainz yang juga sanggup tampil kompetitif di sesi Sprint Race.

Tentu pergerakan dan strategi kedua pembalap Ferrari ini sangat patut mereka jaga, agar tidak tersusul. Terlebih di sesi Feature Race, mereka cukup bagus dalam menerapkan strategi balapnya. 

Hasil Sprint Race F1 Imola 2022:
1. Max Verstappen, BEL, Oracle Red Bull Racing
2. Charles Leclerc, MON, Ferrari
3. Sergio Perez, MEX, Oracle Red Bull Racing


(uda)