Perdana, Mitsubishi Xforce Buatan Indonesia Mulai Ekspor ke Vietnam

Mitsubishi Motors Indonesia melakukan ekspor perdana Xforce ke negara Vietnam - MMKSI
Mitsubishi Motors Indonesia melakukan ekspor perdana Xforce ke negara Vietnam - MMKSI

Autogear.id - Mitsubishi Motors Corporation yang selanjutnya disebut Mitsubishi Motors, mulai mengumumkan secara resmi kalau mereka telah memulai ekspor untuk model Mitsubishi Xforce. Sebuah mobil model SUV kompak, yang diproduksi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), selaku pabrik Mitsubishi Motors di Indonesia.

Seremoni peluncuran Mitsubishi Xforce untuk ekspor ini dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu. Turut dihadiri sejumlah undangan, termasuk perwakilan pemerintah Indonesia, perwakilan pemerintah Jepang, dan pihak terkait dari Mitsubishi Motors.

Dalam prosesi ekspor perdana tersebut, dikatakan bahwa Vietnam akan menjadi pasar ekspor pertama kendaraan tersebut di wilayah ASEAN. Selanjutnya kendaraan-kendaraan tersebut akan diluncurkan secara bertahap ke negara-negara ASEAN lainnya. Seperti Filipina, lalu akan diikuti oleh Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

“Kami sangat bangga dapat melakukan ekspor dari pusat produksi kami di Indonesia. Ke depannya, kami berharap dapat mengekspor ke berbagai wilayah, sehingga dapat memberikan kontribusi lebih lanjut bagi perekonomian, sekaligus perkembangan industri otomotif Indonesia,” ungkap President dan Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Takao Kato. 

Mengenai spesifikasi Xforce yang diperuntukkan ekspor ke Vietnam yaitu; Drive System 2WD, dengan dimensi produk panjang 4.390mm, lebar 1.810mm dan tinggi 1.660mm. Menggendong mesin 1.5L DOHC 16-Valve MIVEC Engine. Menghasilkan daya maksimum 77kW pada 6.000 rpm, dan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm.

MMKI Produksi L100 EV

Selain perihal ekspor Mitusbishi Xforce, pada bulan Desember tahun 2023 kemarin, Mitsubishi Motors telah memulai produksi dari L100 EV di MMKI. Sebuah produk yang disebut Minicab MiEV di Negeri Sakura, Jepang.

Diketahui, L100 EV merupakan sebuah model kendaraan EV commercial di kelas kei-car, atau kelas kendaraan berjenis microcars di Jepang. Dimana merupakan produksi pertama di salah satu afiliasi perusahaan di luar Jepang. Upaya akan terus dilakukan untuk membangun sistem produksi dan pasokan, yang dapat merespons perkembangan zaman dan permintaan baru secara fleksibel.

Sedangkan menyangkut pabrik MMKI, berlokasi di daerah Bekasi, Jawa Barat. Posisinya berada sekitar 37 Km sebelah timur DKI Jakarta, yang sanggup memproduksi kendaraan sebanyak 220 ribu unit mobil per tahun.

Luas pabrik sekitar 30 hektar, dan memiliki sedikitnya 3.600 karyawan yang tercatat hingga akhir Desember 2023. Selama ini yang diproduksi oleh pabrik ini yaitu Pajero Sport, Xpander, Xpander Cross, Colt L300, Xforce, dan Minicab MiEV, yang kalau di Indonesia memiliki nama L100 EV.


(uda)