Autogear.id – Perkembangan teknologi semakin canggih, yang juga merambah suku cadang kendaraan. Menghadirkan suku cadang berkualitas dengan sejumlah nilai lebih di dalamnya. Salah satunya adalah komponen busi, dimana produsen busi ternama dunia, NGK Busi, menghadirkan sebuah produk premium yaitu seri Laser Iridium.
Busi NGK seri Laser Iridium adalah kombinasi antara kinerja dan masa pakai yang terbaik. Keunggulan utamanya terletak pada elektroda pusat yang berbahan Iridium, dengan diameter yang sangat tipis, yang akan memastikan daya pengapian terbaik dengan masa pakai lebih lama.
Dijelaskan Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia (NGK Busi) Diko Oktaviano, sebagian besar busi Laser Iridium juga dilengkapi dengan tip elektroda ground berbahan logam mulia Platinum, untuk mendukung masa pakai lebih panjang.
"Yang standar memakai bahan Nikel, dan belum termasuk logam mulia. Sementara yang logam mulia adalah Iridum atau Platinum. Untuk busi yang memakai logam mulia tunggal, terkait masa pakainya bisa mirip dengan yang standar, atau sedikit lebih lama dari yang standar," ungkapnya.
Untuk busi yang Laser, yang menggunakan logam mulia ganda, bahannya bisa berupa Platinum-Iridium di bagian elektroda pusat, dan Platinum di elektroda ground. Mengenai penggunaan busi jenis ini pada sepeda motor, kebanyakan dipakai di motor-motor besar, seperti Harley-Davidson, Ducati, dan lainnya. “Jadi bukan digunakan pada sepeda motor tipe regular,” ucap Diko dalam sebuah kesempatan.
Sedangkan kebanyakan busi Laser ini cenderung dipakai di kendaraan roda empat, misalnya pada mobil merek Mazda, Ford, atau kendaraan baru seperti Mitsubishi Xpander, Grand Avanza, dan Innova terbaru. “Menyangkut jaraknya pemakaiannya pada kendaraan bermotor bisa mencapai 100.000 Km,” jelasnya.
Fitur utama pada busi Laser ini yaitu Elektroda pusat berbahan logam mulia Iridium tipis, yang disematkan menggunakan teknologi Laser. Tip berbahan Platinum di elektroda ground untuk mencegah keausan dini, dan menciptakan ketahanan lebih lama. Sehingga memang didesain khusus, untuk diaplikasikan pada kendaraan tertentu, dengan persetujuan pabrikan.
(uda)