VW Kombi Listrik Seharga Rp1,3 Miliar Siap Melaju di Indonesia

VW Kombi Listrik Seharga Rp1,3 Miliar Siap Melaju di Indonesia - Medcom.id
VW Kombi Listrik Seharga Rp1,3 Miliar Siap Melaju di Indonesia - Medcom.id

Autogear.id -  Volkswagen (VW) Indonesia membawa ID. Buzz, ke ajang pameran otomotif GIIAS 2024. Sebuah kendaraan yang dikenal pula sebagai VW Kombi “listrik”, tampil menawarkan desain ikonik dengan teknologi terbaru yang ramah lingkungan.

Head of Sales Volkswagen Indonesia, Badawi Marhasan menjelaskan, ID. Buzz mendefinisikan ikon baru dari sebuah MPV mewah di Indonesia. Menyusul model berkapasitas 6 penumpang, varian the All-Electric ID. Buzz dengan wheelbase lebih panjang juga berkapasitas 6 penumpang, serta memiliki kapasitas bagasi lebih luas, akan mulai dipasarkan pada minggu kedua November mendatang.

"ID. Buzz merupakan langkah pertama Volkswagen dalam merespon perkembangan mobil listrik di Indonesia. Kami pilih model ini sebagai mobil pertama kami memasuki era elektrifikasi. Sekaligus menunjukkan komitmen kami untuk menggarap pasar BEV di tanah air dengan lebih serius,” ujar Badawi Marhasan di booth ID. Buzz di GIIAS beberapa waktu lalu.

Eksterior yang ditawarkannya menampilkan gaya retro dan futuristik. Kendaraan ini dirancang dengan aerodinamika yang efisien, walaupun berukuran sebagai MPV besar. Koefisien hambatan udaranya adalah 0,29, sehingga membantu mengurangi konsumsi energi listrik.

Bagian penerangan sudah menggunakan LED dengan aksen garis menyatu sampai ke bagian tengah, di mana logo di depan menjadi yang terbesar di antara model VW lainnya. Interior juga mengadopsi konsep retro. Uniknya, pengemudi dan penumpang depan disediakan bangku individual dengan pengaturan elektrik, memori dan fungsi pijat.

Pada interior bagian belakang terdapat tiga bangku yang bisa dilipat sepenuhnya, atau dengan komposisi 40:60. Kursi belakang juga bisa digeser maju-mundur hingga 150 mm, baik secara keseluruhan maupun dalam komposisi 40:60.

Performa ID. Buzz didukung motor listrik yang terhubung ke transmisi otomatis single-gear. Menghasilkan tenaga sebesar 210 PS dengan torsi 560 Nm, disalurkan ke roda belakang. Akselerasi dari 0-100 km/jam dapat dicapai dalam waktu 7,6 detik, dengan kecepatan maksimum 160 km/jam.

Energi disuplai oleh baterai lithium-ion dengan 12 modul berkapasitas 79 kWh, memungkinkannya meraup jarak tempuh hingga 430 Km berdasarkan tes WLTP. Pengisian penuh baterai lithium-ion (0–100 persen) dengan charging box 11 kW memerlukan waktu 7 jam 30 menit. Sementara penggunaan stasiun pengisian cepat DC 170 kW dapat mengisi baterai dari 5 persen hingga 80 persen, hanya dalam waktu 30 menit.

Konsumen bisa membeli ID. Buzz yang dibanderol harga Rp1,3 miliar on the road Jakarta untuk versi normal wheelbase. Tersedia pula dalam berbagai warna bernuansa two-tone.


(uda)