Fakta Unik

Ajib, Parkiran Mal Kian Canggih dengan 100 Persen Ticketless dan Paperless

Kian canggih, parkir kendaraan kini mayoritas menggunakan metode pembayaran non tunai. Red Bull CP
Kian canggih, parkir kendaraan kini mayoritas menggunakan metode pembayaran non tunai. Red Bull CP

Autogear.id – Sistem perparkiran kendaraan di mal, baik roda empat maupun roda dua, kian hari semakin canggih dan berkonsep digital. Seperti yang terdapat pada mal Grand Indonesia. Mal tersebut dimanjakan oleh system parkir berteknologi modern, untuk membantu mempermudah para pengunjung di semua area parkirnya.

Inovasi ini merupakan hasil pengembangan perusahaan penyedia layanan dan teknologi perparkiran, PT Centrepark Citra Corpora (CentrePark) dan telah diimplementasikan sejak bulan lalu. Melalui sistem baru ini, pihak CentrePark berharap dapat memberi pengalaman baru. Serta meningkatkan kenyamanan para pengunjung mulai dari masuk hingga keluar area parkir.

Adapun inovasi teknologi yang diterapkan Grand Indonesia bersama Centrepark adalah sistem parkir 100 persen ticketless dan paperless. Tiket dan struk parkir tak lagi menggunakan kertas, berganti menjadi versi elektronik. Transaksi parkir pun kini menggunakan sistem pembayaran non-tunai (cashless) memakai uang elektronik.

“Sistem ini bernama TITO (Tap In Tap Out), memudahkan pengunjung untuk lebih cepat mengakses area parkir mal. Melakukan transaksi secara praktis menggunakan kartu uang elektronik saat meninggalkan area parkir,” ujar Chief Executive Officer CentrePark, Charles Oentemo.

Baca Juga:
Honda Siap Petakan Motor Listrik di Indonesia Akhir 2022, Telat Ga Yah?

Dengan sistem baru ini, menurut Charles, potensi antrean kendaraan yang hendak masuk maupun keluar area parkir Grand Indonesia dapat berkurang. Karena portal di pintu masuk dan keluar area parkir telah dilengkapi berbagai teknologi canggih yang bekerja secara otomatis.

Kendati begitu, pengunjung tidak perlu khawatir jika memerlukan bantuan petugas. Pasalnya setiap portal otomatis tersebut dilengkapi tombol darurat. Kemudian, di area parkir pun pengunjung dimanjakan adanya papan informasi yang disebut Traffic Dispatch System (TDS).

Secara otomatis papan informasi tersebut akan menampilkan rambu-rambu untuk memandu pengunjung ke pintu-pintu keluar mal yang lebih sepi. Sehingga takkan terjadi kemacetan panjang di satu pintu keluar saja.

Sejalan dengan penerapan inovasi area parkir baru ini, ke depannya Grand Indonesia dan CentrePark akan mengembangkan teknologi lain untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan area parkir. Sekaligus meningkatkan kenyamanan dan keamanan para pengunjung. Inovasi yang tengah disiapkan untuk tahap kedua, menurut Charles, adalah sistem License Plate Recognition (LPR) dan Quick In Quick Out (QIQO).

Baca Juga:
Main di Tempat Kongkow, Shop&Bike dan Shop&Drive Hadir di BSG

“Sistem LPR ini menggunakan kecerdasan buatan yang dapat mengidentifikasi pengunjung, melalui plat nomor kendaraan. Mampu mengenali nomor registrasi, merek, model atau tipe, warna dan lampu utama kendaraan,” urainya.

Adapun, sistem QIQO merupakan inovasi CentrePark berupa opsi transaksi parkir menggunakan kode respons cepat (quick response code/QR Code), mempermudah akses bagi pengunjung. Kolaborasi antara Grand Indonesia dan CentrePark ini sendiri telah dimulai sejak 30 November 2021, yang dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan kedua perusahaan pada 3 Februari 2022.


(uda)