Tips Berkendara Aman

Wanita Cari Aman Motoran, Jangan Pakai Sepatu Sol Tinggi

Tips berkendara untuk kaum hawa, beberapa hal ini sangat penting untuk diperhatikan. YIMM
Tips berkendara untuk kaum hawa, beberapa hal ini sangat penting untuk diperhatikan. YIMM

Autogear.id - Berkendara motor tentunya bukan hanya monopoli kaum pria. Melainkan banyak juga pengendara motor wanita, bahkan jumlah pengendara motor wanita semakin hari kian bertambah jumlahnya. Alih-alih efisiensi biaya dan efektifitas waktu.
 
Kebanyakan pengendara wanita menggunakan motor tipe matik. Karena selain lebih mudah, juga simple untuk digunakan dalam beraktivitas harian. Kendati demikian, apapun tipe motor yang dikendarai, apakah itu tipe motor cub atau bebek, matik, maupun motor sport, tetap harus mengetahui beberapa hal untuk diperhatikan selama berkendara di jalan raya.
 
“Pengendara motor perempuan tentunya juga harus memahami beberapa hal selama berkendara di jalan raya. Terutama jika adanya potensi bahaya. Perempuan perlu melatih dan menguasai pula keterampilan berkendara motor di jalanan,” ucap Safety Riding Promotion Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma selaku.
 
Adapun sejumlah hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara perempuan, ketika sedang menggunakan kendaraan bermotor roda dua dalam kegiatan sehari-hari, adalah sebagai berikut :

Baca Juga:
Tiga Cover Eksklusif 911 Dakar Bawa Pesan Ketangguhan di Ajang Reli Terberat

 
1. Perlengkapan Berkendara
Mengenai perlengkapan berkendara, jelas merupakan hal mutlak yang harus dikenakan oleh para pengendara wanita. Mereka wajib memperhatikan penggunaan helm, jaket, sepatu dan glove atau sarung tangan. Diketahui, helm berfungsi untuk melindungi rahang dan otak belakang bila terjadi benturan pada kepala. 

Lalu jaket berfungsi untuk menahan terpaan angin pada saat berkendara dan mengurangi risiko cedera serius apabila terjadi gesekan pada bagian tubuh saat terjatuh. Kemudian sarung tangan berfungsi untuk membantu memberikan kenyamanan pada bagian hand grip. Tak ketinggalan sepatu, melindungi bagian kaki dari cedera serius akibat terjatuh, atau terlindas, berbenturan dan bergesekan dengan kendaraan lain.

2. Tidak Pakai Sepatu Sol Tinggi
Wahai ladies, jikalau anda ingin merasakan kenyamanan saat berkendara, pilihlah alas kaki atau sepatu yang cocok dan sesuai demi menciptakan kondisi senyaman mungkin. Pengendara wanita bisa menggunakan flat shoes atau sepatu olahraga. Hindari memakai sepatu bersol tinggi seperti highheel, wedges dan sejenisnya. Berisiko  mempengaruhi kondisi keseimbangan dalam mengendarai motor.
 
3. Hindari Kenakan Rok
Perlu dipertegas, bahwasanya sangatlah tidak dianjurkan mengendarai motor mengenakan rok bagi kaum Hawa. Apalagi rok ketat, yang dapat mempengaruhi rentang kaki pengguna, sewaktu berada di jalur lambat yang sekonyong-konyong bisa saja berhenti mendadak. Menggunakan rok ketat, juga berisiko dapat mengganggu konsentrasi pengguna jalan raya lainnya.

Baca Juga:
Bertenaga 102 Daya Kuda, Intip Yuk Berapa Konsumsi BBM Super Cab

 
Seandainya memang di tempat tujuan mengharuskan memakai rok, maka sangat dianjurkan memakai terlebih dahulu celana panjang yang nyaman dipakai. Setibanya  di lokasi tujuan, barulah ganti rok di toilet terdekat. “Tanpa terkecuali, para pengendara motor wanita hendaknya senantiasa memperhatikan hal-hal terkait berkendara. Mulai dari persiapan berkendara, hingga mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada di sekitar kita,” ujar Ludhy.


(uda)