Ekspansi Jaringan Jadi Salah Satu Kiat Caroline Melesat di Tengah Tantangan

Ekspansi jaringan menjadi salah satu kiat Caroline.id melesat di tengah tantangan - Caroline.id
Ekspansi jaringan menjadi salah satu kiat Caroline.id melesat di tengah tantangan - Caroline.id

Autogear.id – Memasuki awal-awal kuartal kedua tahun 2024, kondisi pasar otomotif nasional cenderung masih memperlihatkan tren negatif. Kendati tiga pabrikan otomotif besar Jepang, yaitu Astra Daihatsu Motor, Toyota Astra Motor dan Honda Prospect Motor tetap optimistis penjualan kuartal kedua tahun ini bakal tumbuh, jika dibandingkan kuartal pertama.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil wholesales nasional (pabrik ke dealer) sepanjang Januari - April 2024 tercatat sebanyak 263.706 unit. Angka ini turun 22,8% year on year (yoy), jika dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun sebelumnya yang sekitar 323.831 unit.

Sama halnya dengan penjualan mobil retail nasional  (dealer ke konsumen) juga terkoreksi. Mengalami penurunan sebesar 14,8% yoy, dari 339.954 unit pada Januari - April 2023, menjadi 289.551 unit pada Januari - April 2024.

Secara bulanan, penjualan wholesales nasional bulan April 2024 turun 34,9% month to month (mtm) menjadi 48.637 unit, dibandingkan bulan Maret 2024 sebesar 74.724 unit. Begitu pula dengan penjualan retail nasional bulan April 2024, turun 28,4% mtm menjadi 58.779 unit dibandingkan bulan Maret 2024 sebanyak 82.088 unit.

Caroline.id Torehkan Hasil Positif

Menyikapi hal tersebut, industri mobil bekas sedikit banyak ikut menghadapi tantangan besar pada tahun 2024. Dimana data penjualan tersebut menciptakan ketidakpastian di pasar otomotif. Belum lagi jika bicara kondisi ekonomi dan politik yang belum stabil, ditambah kenaikan kurs dolar yang lumayan bikin geleng-geleng kepala.

Tetapi meski tantangan membayangi, masih terasa hembusan angin segar untuk penjualan mobil bekas. Paling tidak itulah yang dirasakan Caroline.id, dealer mobil bekas online dan offline dengan layanan jual, beli, tukar tambah dan pre-order mobil bekas. Bagian dari PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) dan Triputra Group.

Dealer ini akui mencatat hasil positif selama kuartal pertama 2024. Ketika data penjualan mereka menunjukkan peningkatan positif dibandingkan tahun sebelumnya. Menandakan kepercayaan pelanggan yang lambat laun terus meningkat.

CEO PT Autopedia Sukses Lestari Tbk., Jany Candra mengatakan, di tengah kondisi pasar mobil yang fluktuatif saat ini, Caroline.id terus menunjukkan komitmen. Untuk tumbuh dan berkembang dengan menghadirkan kemudahan dan keuntungan bagi para pelanggan.

Targetkan Penjualan 3.654 Unit

Penjualan unit mobil bekas Caroline.id terus mengalami pertumbuhan, di mana pada akhir tahun 2023 mencatat penjualan sebanyak 3.135 unit, atau naik sebesar 26,3% dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini, perusahaan menargetkan penjualan mobil bekas sebanyak 3.654 unit, yang berarti naik sekitar 519 unit.

“Salah satu faktor meningkatnya kinerja perusahaan kami lantaran ekspansi cabang yang semakin luas. Sehingga memastikan layanan yang lebih dekat dan mudah diakses oleh pelanggan di berbagai daerah,”  sambung Jany.

Bulan Mei lalu, Caroline.id telah meluncurkan 2 (dua) cabang terbarunya yang berlokasi di Jl. Raya Klari No. 38-10, Karawang, Jawa Barat, serta cabang flagship store terbaru di Jl. Raya SouthCity Utara Lot 1.1, Pondok Cabe, Tangerang, yang mampu menampung lebih dari 40 unit mobil.

Hingga saat ini Caroline.id sudah memiliki 11 cabang tersebar di Jabodetabek, Karawang, dan Cimahi, dengan target hingga akhir tahun 2024 dapat membuka lebih dari 20 cabang di sejumlah lokasi baru, seperti Cibubur, Bandung, dan Tambun.

“Pembukaan flagship store di Pondok Cabe ini merupakan bukti nyata dari komitmen tersebut. Kami yakin cabang ini akan menjadi pilihan utama bagi para pelanggan di wilayah Jakarta Selatan, Tangerang dan sekitarnya, dengan ragam benefit yang kami tawarkan,” tukasnya.

Platform ini yakin bahwa dengan kombinasi benefit yang mereka tawarkan, beserta komitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik, meenjadikan mereka pilihan utama bagi para pelanggan yang ingin membeli mobil bekas dengan aman, mudah, dan terpercaya.


(uda)