Lalu Lintas Mudik 2022

Anjing Pelacak ini Bertugas Gagalkan Penyelundup Narkoba di Terminal Kampung Rambutan

Penggunaan anjing pelacak di berbagai titik untuk mencegah penyelundupan narkoba di momen mudik lebaran akan dimaksimalkan, jadi jangan coba-coba. MetroTV
Penggunaan anjing pelacak di berbagai titik untuk mencegah penyelundupan narkoba di momen mudik lebaran akan dimaksimalkan, jadi jangan coba-coba. MetroTV

Autogear.id - Kalau Anda pemudik yang ingin coba-coba selundupkan narkoba jenis apa pun saat mudik ke kampung halaman menggunakan moda transportasi apa pun, silakan siap-siap lebaran di hotel prodeo. Lantaran penjagaan oleh petugas akan dimaksimalkan di banyak titik untuk mencegah terjadinya penyelundupan narkoba. 

Seperti yang terlihat di Terminal Kampung Rambutan. Dua anjing pelacak divisi K-9 Badan narkotika nasional (BNN) mulai menyisir sejumlah sarana publik, Jakarta timur. Dua anjing yang diturunkan untuk pengawasan mudik kali ini berjenis Belgian Malinois. 

Kepala Biro Humas dan Protokol BNN, Brigjen Pol Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan 2 anjing pelacak untuk memeriksa seluruh barang bawaan para pemudik, serta armada bus. 

"Ini terkait dengan kegiatan pemerintah yaitu operasi kemanusiaan mudik dan balik yang didukung oleh BNN, tujuannya jangan sampai mudik lebaran ini dipakai bandar narkoba untuk meloloskan narkobanya," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol BNN, Brigjen Pol Sulistyo Pudjo Hartono, Rabu, 27 April 2022. 

Selain menurunkan anjing pelacak, BNN juga melakukan pemeriksaan tes urin kepada sejumlah pengemudi bus antarkota dan antarprovinsi untuk memastikan para pengemudi tidak dalam pengaruh narkoba saat beroperasi.

"Beberapa Terminal kita datangi dan kita lakukan pengecekan apakah supir-supir para operator ada yang memakai narkoba atau tidak, tujuannya adalah mencegah jangan sampai terjadi kecelakaan di mana ini menjadi tujuan akhir daripada operasi ini," jelasnya.

Petugas juga melakukan penyisiran di setiap sudut dan bagasi bus menggunakan anjing pelacak, langkah ini di lakukan BNN untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba yang di lakukan bandar dan kurir narkoba di tengah maraknya arus mudik lebaran. (StoryBuilder: Muhardi)


(uda)