MotoGP, Mandalika 2022

Miguel Oliveira jadi Pemenang Perdana MotoGP Mandalika

Miguel Oliveira akhirnya mampu memenangi kembali balapan dan ini terjadi di momentum kembalinya MotoGP ke Indonesia. AG-Ahmad Garuda
Miguel Oliveira akhirnya mampu memenangi kembali balapan dan ini terjadi di momentum kembalinya MotoGP ke Indonesia. AG-Ahmad Garuda

Autogear.id - Kondisi hujan yang dikhawatirkan para pelaku balap MotoGP akan seperti saat pelaksanaan World Superbike Championship (WSBK) akhir tahun lalu, memang membuat para pengambil keputusan di MotoGP sempat kebingungan. Namun setelah prediksi hujan mereda, MotoGP akhirnya berlangsung dalam kondisi trek yang memungkinkan untuk balapan. 

Mengawali balapan dengan posisi pertama, Fabio Quartararo memang sempat memimpin jalannya balapan selama beberapa lap. Ia tersusul oleh Jack Miller yang memang punya performa cukup bagus di kondisi trek basah. Sayangnya, performa Miller tak konsisten dan membuatnya tak bisa bertahan. Sehingga posisinya melorot dan tak mendapat posisi podium. 

Sementara Quartararo yang sempat mengalami penurunan performa di awal balapan dan tersusul oleh beberapa pembalap, mampu bangkit di pertengahan balapan. Ia menyusul beberapa pembalap di depannya termasuk Alex Rins, Johan Zarco dan Jack Miller. Sementara Jack Miller yang awalnya sempat bertarung di posisi terdepan, harus puas finish di posisi keempat.

"Meraih kemenangan di sepanjang balapan yang disuguhi dengan hujan deras tidaklah gampang. Di beberapa sesi latihan, berlangsung dalam kondisi trek yang kering. Dan ketika balapan sepenuhnya basah, kami harus punya strategi lebih baik. Saya juga tak tahu jika balapan masih ada 7 lap, karena Quartararo sangat cepat menjelang akhir sesi," klaim Oliveira.

Baca Juga:
Alex Rins Pamer Helm Desain Baru, Tapi Kok Ada Logo Partainya?

Peluang yang besar justru dimulai oleh Johan Zarco. Namun performa MIller yang cukup kuat dan sulit ditekuk oleh sesama pengguna Ducati, membuat pembalap asal Perancis itu harus bersabar. Hingga akhirnya hanya bisa menyusul MIller menjelang beberapa lap terakhir.

Hasil balap MotoGP Mandalika:
1. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16) 33m 27.223s
2. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) +2.205s
3. Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22) +3.158s
4. Jack Miller    AUS Ducati Lenovo (GP22) +5.663s
5. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +7.044s


(uda)