Motor Baru

Spek Gahar Aprilia SR GT 200 yang Debut di MotoGP Mandalika

Aprilia SR GT jadi andalan baru brand sepeda motor asal Italia itu untuk pasar otomotif Indonesia. PI
Aprilia SR GT jadi andalan baru brand sepeda motor asal Italia itu untuk pasar otomotif Indonesia. PI

Autogear.id – Selain tim balap yang beraksi pada Pertamina Mandalika International Street Circuit, Jumat-Minggu (18-20/3/2022), Aprilia yang di Indonesia berada di bawah naungan Piaggio Indonesia, ikut hadir memeriahkan atmosfer balap MotoGP, di luar arena balap.

Aprilia ikut membuka booth, di luar lintasan balap sirkuit. Tepatnya di samping pintu masuk keluar tribun Zona A Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Manajer Komunikasi dan Humas Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari, mengatakan, Aprilia sama bangga dan bersemangatnya dengan masyarakat Indonesia dalam menyambut MotoGP Mandalika. 

“Tahun 2022 ini merupakan tahun pertama bagi Indonesia sebagai tuan rumah, sekaligus tahun di mana Aprilia kembali lahir sebagai tim pabrikan yang berkualifikasi penuh. Untuk merayakan momen spesial ini, kami gelar serangkaian ‘Aprilia Experience’, mewujudkan jargon ‘Designed for Racers, Built for Riders’ kepada masyarakat Indonesia,” tutur Ayu.

Dalam kesempatan di sana, pebalap Aprilia; Aleix Espargaró dan Maverick Vinales berkesempatan mengunjungi booth Aprilia. Menghadirkan sensasi semarak balap kepada para pengunjung Sirkuit Mandalika, yang juga dihibur dengan berbagai aktivitas, pameran produk dan original merchandise, termasuk rangkaian merchandise edisi spesial Mandalika Aprilia.

Baca Juga:
Sukses Gelar MotoGP, Nongol Isu F1 Mandalika, Realistiskah?

Piaggio Indonesia juga memajang Aprilia RS660 dan Aprilia Tuono 660 dari keluarga Aprilia 660, yang didesain untuk memenuhi keinginan pengendaranya, dalam merasakan sensasi adrenalin dan balapan sesungguhnya, namun tetap praktis untuk penggunaan sehari-hari.

Selain memajang jajaran produk unggulan Aprilia saat ini, booth Aprilia di MotoGP Mandalika juga memberikan kesempatan pengunjung untuk menyaksikan langsung debut Aprilia SR GT 200 di Indonesia. Skuter matik bergaya sporty untuk berkendara harian.

Bicara spek, Aprilia SR GT 200 menopang mesin 174cc, 1-silinder, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Mampu memproduksi tenaga maksimal sampai 17,43 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi puncak 16,5 Nm di 7.000 rpm.

Untuk mengimbang output mesin yang dihasilkan, motor ini dibekali sistem pengereman lumayan apik. Di depan misalnya, didukung pengereman cakram yang sudah terintegrasi dengan ABS (Anti-lock Braking System). Adapun di bagian belakang dikawal pengereman cakram tunggal non ABS.

Baca Juga:
4 Hal Penting saat Ingin Mengganti Lampu Motor Aftermarket

Urusan akomodasi dan angkut barang, Aprilia SR GT 200 punya beberapa slot penyimpanan di bagian dek depan. Sementara kompartemen utama di bawah jok berkapasitas hingga 25 liter.

Menyicip kapasitas mesin, fitur, dan teknologi yang dibawa Aprilia SR GT 200, rasanya motor ini cocok bermain di segmen matik kelas 150 sampai 160cc. Nantinya diprediksi motor ini bakal menantang Honda ADV 150, Yamaha NMax 155, atau Honda PCX 160.

Menyoal harga yang akan diset untuk skutik gambot ini, memang di Indonesia masih tanda tanya. Sekadar referensi, di Malaysia motor ini dilepas dengan harga 23.000 RM atau setara Rp 78 jutaan. Sementara di Jepang motor ini dilepas dengan nominal Rp 68 jutaan.

Artinya, jika nanti Aprilia SR GT 200 dijual dengan harga mirip-mirip di Malaysia atau Jepang, peluang dia buat bertempur dengan PCX, NMax atau ADV 150 agak susah. Gap harga lebih tinggi 2 kali lipat.

Baca Juga:
Ngotot Bawa Formula 1 ke Indonesia, Kerugian Besar Menanti?

Sementara itu, replika keseruan ajang MotoGP Mandalika 2022 akan dihadirkan di seluruh Premium Motoplex Dealer keempat merek Piaggio Indonesia di empat kota besar; Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar. 

“Ini adalah waktu dan kesempatan yang tepat, untuk meningkatkan eksposur dan engagement kami di Indonesia. Ke depannya dipastikan akan lebih banyak lagi informasi menarik dari Aprilia bagi konsumen Indonesia,” tutup Ayu.  ?


(uda)