Motor Baru

Kilas Pandang Ninja 500 dan Z500 MY 2024 di Pameran EICMA

Kawasaki Ninja 500 dan Ninja Z500 curi perhatian di EICMA. KA
Kawasaki Ninja 500 dan Ninja Z500 curi perhatian di EICMA. KA

Autogear.id – Bukan hanya mempertontonkan eksistensi di pasar Indonesia, melalui beberapa produk terbarunya. Kawasaki Motor juga terus menggeber market global, lewat sejumlah line up teranyar yang mereka hadirkan. Seperti yang mereka sajikan dalam pameran otomotif berskala dunia, EICMA 2023. 

Dimana produsen motor yang identik dengan nama “pabrikan hijau ini” juga tidak mau ketinggalan. Mereka memperkenalkan tunggangan model baru, Ninja 500 dan Z500 model Year (MY) 2024. Mengintip dari sejumlah laman media yang ada, Kawasaki Ninja 500 dan Z500 MY 2024 ditampilkan di EICMA dalam dua varian, yakni versi standar dan Special Edition (SE). Memberikan keleluasaan untuk loyalis dalam memilihnya.

Mengusung tampilan futuristik dengan desain baru, mesin dari kedua varian tersebut ditenagai mesin twin in-line 451cc 2-silinder berpendingin cairan. Outputnya menghasilkan tenaga 45hp dan torsi 42Nm. Power tersebut disinkronkan dengan transmisi 6-percepatan, berteknologi slip & assist clutch. Secara bobot, dijelaskan kalau motor tersebut memiliki bobot masing-masing yakni Ninja 500 seberat 171 kg, dan Z500 seberat 167 kg. 

Untuk tinggi jok keduanya 785mm, artinya lumayan ramah buat postur tubuh orang Asia, khususnya Indonesia. Melongok kapasitas tangkinya, dapat menampung 14 liter bahan bakar minyak. Bagian kaki-kaki, ditopang “sepatu” ukuran 110/70-17 inci (ban depan) dan 150/60-17 inci (ban belakang). 

Baca Juga:
SUV Legenda Pajero, Tentang Rivalitasnya dengan Fortuner

Omong-omong soal agresifitas, Kawasaki Z500 memang relative bergaya agresif. Visualisasi fitur bagian depan, untuk Z500 SE, hadir dengan livery khusus dan tambahan TFT meter kekinian yang sudah coloring. Tujuannya agar lebih mumpuni, untuk mengakses informasi melalui Kawasaki Rideology versi terbaru. 

Bagaimana dengan Ninja 500 terbaru MY 2024? Melihat versi standarnya saja, diakui sejumlah media, telah dilengkapi panel meter yang mengusung konsep LCD digital. Adapun untuk tipe SE, sudah menggunakan panel meter TFT berwarna. Fitur tersebut dapat dihubungkan ke smartphone, dan telah dilengkapi USB charger. 

Beberapa rincian lain untuk tipe SE juga dijelaskan, antara lain termasuk deflektor asap, kemudian adanya sarung jok belakang atau biasa disebut kondom. Serta disematkan pula pelindung mesin dan sistem smart key. 

Namun secara keseluruhan, dari pihak Kawasaki Motor belum mau mengulas lebih jauh. Seputar spesifikasi yang lebih lengkap, beserta harga yang bakal ditawarkan terkait kedua model tersebut. Apakah kedua model ini akan dirilis di Indonesia? Tunggu saja kabar lanjutannya.


(uda)