Regulasi Balap F1

Regulasi F1 berubah Drastis di 2026, Audi dan Ford Kembali

Dua manufaktur akan bergabung di F1 2026, salah satunya Ford yang akan menggandeng tim Red Bull Racing dan Audi yang mengambil alih tim Sauber Racing. Red Bull CP
Dua manufaktur akan bergabung di F1 2026, salah satunya Ford yang akan menggandeng tim Red Bull Racing dan Audi yang mengambil alih tim Sauber Racing. Red Bull CP

Autogear.id - Regulasi balap Formula 1 akan mulai berubah drastis pada 2026 nanti. Meski masih tersisa beberapa tahun lagi, namun beberapa brand rupanya punya ambisi besar dalam hal keikutsertaan di ajang balap untuk melakukan riset lebih jauh. Di antaranya adalah Audi yang sudah beberapa tahun ini mulai intens mengikuti ajang balap Dakar Rally dan Ford yang juga pernah ikut di ajang balap F1.

Audi bakal membawa timnya sendiri dan mengambil alih tim Sauber di F1. Sementara Ford akan bekerja sama dengan Red Bull sebagai pemasok mesin di musim kompetisi 2026. Sedangkan pemasok mesin yang eksis sekarang yaitu Ferrari, Mercedes-Benz, Honda dan Alpine, juga masih akan tetap ikut serta di regulasi baru itu.

"Nanti akan ada 6 pabrikan yang akan berkompetisi di ajang balap F1 ini untuk musim 2026. Mereka akan berkompetisi untuk mencari resep terbaik mesin dan bodipart terbaik yang bisa memenangi balapan di tiap seri balap F1. Tentu FIA juga bekerja sama dengan manufaktur untuk pengembangan mesin yang baru agar sesuai harapan," papar Presiden FIA, Ben Sulayem. 

Ben juga sangat senang karena ambisi brand otomotif di ajang balap F1 masih sangat besar, mengingat ini menjadi ajang riset bagi mereka untuk teknologi masa depan yang jauh lebih baik dan efisien. 

Baca Juga:
Subsidi Pemerintah Kelamaan! ECGO EV Bikin Subsidi Motor Listrik Sendiri?

Sayangnya belum ada kepastian soal tim mana yang akan menggunakan mesin dari pabrikan yang sudah ada namanya itu. Tapi jelas, akan ada enam tim yang menyandang status sebagai tim pabrikan. Artinya akan ada 12 pembalap yang menggunakan mobil terbaik dengan pengembangan langsung dari pabrikan yang ikut di ajang balap tersebut.

Berikut daftar manufaktur F1 2026:
-Alpine Racing
-Audi
-Ferrari S.p.A.
-Honda Racing Corporation
-Mercedes-AMG High Performance Powertrains Ltd.
-Red Bull Ford 


(uda)