Asuransi Kendaraan

Inovasi ACA OTW Sinergikan Teknologi Telematik dan Asuransi

Asuransi Central Asia bikin program unik untuk mendeteksi perilaku berkendara aman lewat aplikasi. AG-Alun
Asuransi Central Asia bikin program unik untuk mendeteksi perilaku berkendara aman lewat aplikasi. AG-Alun

Autogear.id – Behavior atau perilaku berkendara di jalan seringkali menjadi pusat perhatian. Apalagi di era digitalisasi seperti saat ini. Netizen dengan media sosialnya di platform digital siap menjadi saksi perilaku berkendara yang kurang baik, untuk di posting dan diviralkan. Tidak sedikit habit pengendara yang kurang baik, seperti mengacungkan senjata api, senjata tajam, tabrak lari, menganiaya pengendara lain dan sebagainya berakhir viral. 

Ujung-ujungnya dicokok pihak berwajib, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut. Pemantau perilaku berkendara sebenarnya bukan hanya dilakukan netizen. Sejumlah pihak lain juga melakukannya, bahkan pihak asuransi. Seperti yang dilakukan oleh PT Asuransi Central Asia (ACA) yang didirikan sejak Agustus 1956.

Perusahaan asuransi yang telah berdiri selama 66 tahun ini meluncurkan aplikasi terbaru, “ACA OTW : Drive Safely, Earn Rewards”. Sebuah aplikasi inovatif yang dikatakan dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman, cerdas, dan menguntungkan bagi para pengemudi di Indonesia. 

Berbeda dengan platform aplikasi lainnya, aplikasi perusahaan asuransi ini mengedepankan teknologi telematik terkini. Dimana aplikasi ini memberikan perlindungan komprehensif, sekaligus mendorong pengemudi untuk menjaga perilaku berkendara yang baik, dengan memberikan insentif tambahan. 

Baca Juga:
Tiga Sisi Penyegaran, Perkuat Aura Sporty Adventure Terios Terbaru

Aplikasi terbaru ini mampu mengetahui dan memberi skor pengendara saat mengemudi. Caranya, dengan mengunduh dan mengaktifkan aplikasi ini pada ponsel, pengemudi dapat memantau dan meningkatkan perilaku berkendara mereka melalui skor yang diberikan setelah perjalanan. 

Skor tersebut nantinya akan menjadi point reward menyangkut drive safely, earn rewards, yang dapat ditukarkan menjadi berbagai voucher menarik. Untuk bisa digunakan di berbagai merchant yang sudah bermitra dengan perusahaan asuransi yang sudah memiliki 76 kantor cabang dan 1400 karyawan di seluruh Indonesia ini. 

"Kami sangat bangga meluncurkan aplikasi ini, yang merupakan sebuah terobosan dalam industri asuransi kendaraan bermotor di Indonesia," kata Deputy Director PT Asuransi Central Asia (ACA), Yossy Avianto, di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Senin (12/6/2023). 

Menurut Yossy, aplikasi ini adalah komitmen perusahaannya untuk terus memberikan inovasi dan perlindungan menyeluruh bagi para pengemudi di Indonesia. “Tentunya kami juga berharap ACA OTW dapat membantu terciptanya perilaku berkendara yang baik dan mengutamakan keselamatan diri dan sesama,” ujarnya.

Baca Juga:
Sektor Pembiayaan Motor Honda Naik Rp11,5 Triliun, Tak Tersentuh Resesi?

Sementara Kepala Divisi Underwriting Motor Car & Miscellaneous, Teguh Iman Jaya menambahkan, kendati perilaku kurang baik pengendara tersebut tidak akan mempengaruhi nilai polis maupun proses klaim nasabah, namun paling tidak teknologi aplikasi ini dapat mengedukasi serta mengajak pengendara agar berperilaku aman dan nyaman di jalan.

“Melalui aplikasi terbaru ini, pengemudi yang menerapkan perilaku aman dan nyaman di jalan akan memperoleh keuntungan. Antara lain berupa point reward yang dapat ditukarkan dengan berbagai voucher menarik,” tukasnya.

Diharapkan, apa yang dilakukan oleh perusahaan asuransi tersebut dapat terus meningkatkan kesadaran akan keselamatan berkendara serta memberikan penghargaan kepada pengemudi. “Kami tidak hanya memberikan perlindungan terhadap risiko kendaraan bermotor, tetapi juga bertujuan untuk menciptakan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman, bagi para nasabah,” terang Yossy lagi.

Adanya tips dan umpan balik berkendara yang transparan dan detail, pengemudi dapat terus mengembangkan kemampuan berkendara yang baik. Sekaligus meningkatkan skor berkendara dan mengurangi risiko kecelakaan. 


(uda)