Asuransi kendaraan

Mobil Kelebihan Muatan Beresiko Asuransi Gugur

Mobil dengan muatan berlebih beresiko gagal klaim asuransi. dok medcom
Mobil dengan muatan berlebih beresiko gagal klaim asuransi. dok medcom

Autogear.id: Kendaraan yang sering membawa muatan barang/orang berlebih tak hanya membahayakan pengemudi dan penumpang, namun juga beresiko menggugurkan asuransi kendaraan. 

Jumlah penumpang melebihi kapasitas atau jumlah barang yang mengisi volume kabin mobil secara berleihan jelas membahayakan karena akan mengganggu keseimbangan dan kecepatan mobil saat melaju, berkurangnya tekanan angin ban, mengganggu kinerja mesin, hingga konsumsi BBM yang makin boros.

Efeknya, akan membuat mobil menjadi lebih sulit untuk dikendalikan karena beban melebihi ideal, dan tidak jarang kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh kendaraan yang membawa kapasitas berlebih. 

Jika terbukti salah satu penyebab kecelakaan memang dikarena kelebihan muatan, maka pihak asuransi tidak dapat membantu untuk klaim asuransi. 

Pengecualian ini sesuai dengan yang tertuang pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) Bab II Pengecualian Pasal 3 ayat 1.4 yang berbunyi; "Kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan oleh pabrikan jika hal tersebut tidak diatur oleh pihak yang berwenang.” 

Oleh karena itu, penting untuk dipahami oleh konsumen untuk tidak berkendara dengan muatan berlebih. Bukan karena asuransi yang gugur, namun jauh lebih penting keselamatan Anda dan anggota keluarga.


(uda)