Balap Mobil

Alasan Mitsubishi RALLIART Pede Boyong Juara AXCR Lagi

Mitsubishi kembali raih hasil yang sangat kompetitif di ajang Asian Cross Country Rally di Indonesia. MMKSI
Mitsubishi kembali raih hasil yang sangat kompetitif di ajang Asian Cross Country Rally di Indonesia. MMKSI

Autogear.id - Mitsubishi Motors mengumumkan, tim Mitsubishi RALLIART akan kembali berkompetisi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023. Ajang balap bergengsi yang dijadwalkan bakal berlangsung pada bulan Agustus mendatang. Seperti tahun lalu, Hiroshi Masuoka, mantan pereli yang dua kali berturut-turut menjuarai Reli Dakar, kembali menjabat sebagai direktur tim.

Tak ketinggalan, para teknisi Mitsubishi Motors yang dipersiapkan mendampingi tim, untuk memberikan dukungan teknis secara optimal. Sementara formasi pebalap tim, diisi antara lain oleh Chayapon Yotha asal Thailand, sebagai pereli juara AXCR tahun 2022. Serta Rifat Sungkar, pebalap sekaligus brand ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

Keduanya akan kembali memperkuat tim tahun ini, dan disiapkan bergabung dengan pereli baru asal Jepang, Katsuhiko Taguchi. Secara rinci, skuad yang memperkuat tim logo tiga berlian di AXCR 2023 adalah juara bertahan Chayapon Yotha dan rekan senegaranya, Peerapong Sombutwong. Lalu ada pereli peringkat ke-5 tahun lalu, Rifat Sungkar, yang akan berpasangan dengan Chupong Chaiwan asal Thailand. Ditambah duo pereli Jepang, Katsuhiko Taguchi dan Takahiro Yasui.

Ketiga pasangan pereli ini akan mengendarai total tiga unit Triton Group T1, yang merupakan prototipe kendaraan lintas alam. Dikatakan Masuoka, berdasarkan kekuatan Triton terbaru, performa handling, stabilitas di jalan yang kasar, dan kenyamanan berkendara semakin didongkrak. Sebagai mobil kompetisi reli. 

Baca Juga:
Begini Siasat Pabrikan Ajak Anak Usia Dini Doyan Otomotif

“Selain itu, turbocharger telah ditingkatkan, untuk meningkatkan respons mesin di seluruh rentang putaran mesin. Mulai dari rpm rendah hingga tinggi. Sehingga menghasilkan mobil reli yang tangguh, dan mampu menghadapi segala kondisi jalan," urainya. 

Menurut direktur tim berpengalaman tersebut, pihaknya telah melakukan uji ketahanan kendaraan dengan kondisi lintasan yang lebih sulit daripada kondisi reli yang sebenarnya. Namun mobil-mobil yang diuji bahkan mampu menunjukkan kualitas jauh lebih baik. Menempuh jarak sekitar 800 kilometer, tanpa ada kendala berarti.

“Ternyata mobil-mobil bisa membuktikan performa di luar ekspektasi kami. Memberikan kepercayaan diri yang tinggi, untuk dapat meraih gelar juara kedua kalinya secara berturut-turut," ungkapnya penuh percaya diri. 

Diketahui, tim Mitsubishi RALLIART meraih kemenangan secara keseluruhan tahun lalu, dalam keikutsertaan pertamanya di AXCR. Adapun tahun ini, para pereli dan co-driver tim akan berusaha mempersembahkan kemenangan untuk kedua kalinya.


(uda)