Tips Perawatan Mobil

Merawat Rem ABS, Perlu Paham Cara Kerjanya!

Rawat sistem pengereman ABS kendaraan Anda, perlu memahami caranya bekerja. Auto2000
Rawat sistem pengereman ABS kendaraan Anda, perlu memahami caranya bekerja. Auto2000

Autogear.id – Selama ini rem mobil yang dilengkapi fitur Anti-lock Braking System (ABS) kiranya sanggup membantu pengemudi, sewaktu mengendalikan kendaraan dalam kondisi darurat. 

Akibatnya, rem mobil tidak akan mengunci waktu pengereman mendadak. Tetap dapat dikendalikan dengan baik, sehingga terhindar dari kecelakaan. Melihat pentingnya fitur ABS, maka sudah selayaknya pemilik kendaraan wajib menjaganya supaya selalu dapat bekerja secara optimal.

Bila Lampu Indikator ABS Menyala
Diketahui panel instrumen mobil memiliki berbagai lampu indikator, sebagai petunjuk kondisi komponen. Satu di antaranya adalah lampu indikator ABS. Umumnya terdiri atas tulisan ABS di dalam lingkaran, yang diapit oleh dua lengkungan di sisi kiri-kanan. Di mana font tulisan tersebut berwarna kuning agar mudah terlihat.

Pemilik kendaraan tak usah panik, seandainya lampu indikator ABS menyala atau kelap-kelip ketika mobil berjalan. Hal tersebut bukan berarti rem mobil bermasalah. Melainkan sebatas informasi, penanda adanya gangguan pada fitur ABS. Yang dalam hal ini membutuhkan pengecekan lebih lanjut.

Baca Juga:
Rabbit and Wheels, dari Jokowi Hingga Tembus Pasar Global

Pengguna tetap boleh mengemudikan kendaraannya, mengingat rem tetap dapat dioperasikan meskipun ada risiko ABS tidak berfungsi.

Bersihkan Sensor-sensor ABS
Sebaiknya lakukan pemeriksaan ringan, sambil mobil berjalan. Cobalah injak pedal rem dan rasakan apakah ada perbedaan. Misalnya injakan pedal rem terlalu dalam dari biasanya, atau pengereman terasa kurang menggigit. Bila iya, segera hentikan mobil dan periksa rem lebih lanjut. Pasalnya ada risiko kerusakan lain pada sistem pengereman.

Memang indikator ABS menyala, biasanya terjadi lantaran sensor-sensor ABS yang ada pada roda mobil, baik depan maupun belakang terkena kotoran. Menyebabkan kerusakan sensor seolah tidak berfungsi. Masalah lainnya adalah kerusakan sistem kelistrikan mobil yang terhubung dengan ABS, contohnya digigit tikus. Atau dapat pula terjadi kendala pada komputer pengontrol ABS.

“Fitur ABS punya peran sangat penting sebagai fitur keamanan berkendara. Segera cek ke bengkel resmi, seperti Auto2000 jika lampu indikator ABS menyala. Supaya dapat segera dicarikan solusinya dan fitur safety ini berfungsi normal kembali,” jelas Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara beberapa waktu lalu.


(uda)