Tips Perawatan Motor

Lakukan Hal Ini, Jika Motor Tidak Digunakan untuk Waktu Lama

TIps merawat kendaraan yang lama terparkir di rumah, butuh perhatian di beberapa sektor. SIS
TIps merawat kendaraan yang lama terparkir di rumah, butuh perhatian di beberapa sektor. SIS

Autogear.id – Ketika kita ingin bepergian, misalnya ke luar kota atau luar negeri, dalam jangka waktu yang lama dan tidak membawa kendaraan pribadi. Atau dalam kondisi cuaca yang kurang mendukung, contoh hujan deras. Membuat kita enggan beraktivitas mengendarai motor. Lebih pilih gunakan kendaraan umum.

Alhasil kendaraan pribadi, motor misalnya, yang selama ini kita jadikan “kaki” untuk aktivitas sehari-hari, tersimpan lama di rumah. Menurut Asst. to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi, jika motor tidak digunakan relatif lama, si pemilik harus memperhatikan beberapa hal. Supaya kondisi motor tetap prima saat akan digunakan kembali. Yaitu:

1.     Mencuci Motor
Sebelum disimpan, baiknya pemilik mencuci motornya lebih dahulu. Untuk menghilangkan kotoran, dan menghindari munculnya jamur pada eksterior, maupun komponen bergerak lainnya. “Saat musim hujan seperti sekarang ini, pemilik motor harus memastikan bodi motornya segera dicuci setelah terkena air hujan. Dikarenakan air hujan bersifat asam,” ucapnya.

2.     Gunakan Cover Motor
Cover atau sarung motor punya banyak manfaat, salah satunya melindungi dari sinar UV jika disimpan di ruangan terbuka. Selain itu membantu mencegah lecet atau baret yang disebabkan gesekan dengan benda lain atau cakaran hewan. Pilih sarung motor sesuai indoor dan outdoor, ukuran yang cukup dan berbahan lembut anti luntur.

Baca Juga:
Range Rover Sport PHEV Meluncur, Harganya Bikin Merinding

3.     Panaskan Mesin Motor
Meski tak digunakan, pemilik seminggu sekali perlu memanaskan mesinnya kurang lebih 2 - 3 menit. Lebih baik lagi, minta tolong orang di rumah supaya motor dikendarai ke luar rumah sesaat. Berguna untuk sirkulasi oli, bahan bakar dan rotasi ban.

4.     Perhatikan Keamanan Kunci Motor
Meski menyimpannya di area dalam rumah, pemilik harus tetap memperhatikan keamanannya. “Suzuki sarankan pakai kunci ganda, mencegah pencurian,” ungkap Hariadi. 

Walaupun dikatakan, Suzuki sendiri telah menyematkan teknologi keyless ignition system seperti di model GSX-R150. Meningkatkan keamanan dan meminimalisir tindak pencurian. Memungkinkan GSX-R150 dioperasikan tanpa anak kunci, dan hanya butuh remote. Model motor Suzuki lain juga telah dilengkapi fitur shutter key lock, penutup lubang kunci ketika motor tidak dipakai.

5.     Gunakan Standar Tengah
Perlu juga diperhatikan adalah menggunakan standar tengah, jika ada, bila motor diparkir lama. Bertujuan agar posisi kendaraan kokoh dan stabil. Penggunaan standar tengah juga cenderung membuat ruangan terasa lebih lega.

Baca Juga:
Apa Saja yang Diunggulkan Wuling dari Formo Max?

6.     Lepaskan Kabel Aki
Bila semakin lama motor didiamkan tidak digunakan, sebaiknya melepaskan kabel aki. Karena ketika kabel aki tetap terpasang, maka akan terus terdapat aliran listrik ke berbagai komponen. Jika kabel aki dilepas, performa aki dapat lebih terjaga dan awet.


(uda)