Keselamatan Berlalu-Lintas

Begini Cara Hino Dukung Keselamatan Berlalu Lintas

Hino dukung pemilihan pelopor keselamatan berlalu lintas sebagai komitmen besar terhadap keselamatan di jalan raya. HMSI
Hino dukung pemilihan pelopor keselamatan berlalu lintas sebagai komitmen besar terhadap keselamatan di jalan raya. HMSI

Autogear.id – Edukasi keselamatan untuk anak-anak muda baik itu pelajar dan mahasiswa diperlukan sedari dini, demi mencegah terjadinya kecelakaan dikalangan pelajar. Untuk itu, guna meningkatkan keselamatan dan menanamkan kesadaran berlalu lintas bagi para pelajar. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menyelenggarakan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2022. 

Mengambil tema “Indonesia Future Transport” hal ini sejalan dengan visi misi Hino menjadikan dunia sebagai tempat kehidupan yang lebih baik dengan membantu kelancaran transportasi yang aman, ekonomis dan tetap bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian lingkungan. Untuk itu PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) turut berkontribusi melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR) dengan memberikan hadiah utama untuk acara Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 2022.
 
“Untuk membina budaya masyarakat yang sadar akan pentingnya ketertiban berkendara demi keselamatan lalu lintas. Tidak dapat dibangun seketika, sejak dini setiap orang harus sudah ditanamkan nilai-nilai ketertiban tertib berlalu lintas karena erat kaitannya dengan keselamatan. Untuk itu, kami turut mendukung pemerintah dengan berkomitmen mendukung program keselamatan berkendara melalui acara ini untuk membentuk budaya keselamatan dijalan bagi generasi muda,” terang COO – Director HMSI, Santiko Wardoyo dalam keterangan persnya.
 
Tujuan diselenggarakannya pemilihan ini adalah meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar. Ini merupakan bagian dari upaya pembentukan karakter budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Para pelajar mendapatkan pendidikan yang dapat menunjang pengetahuan tentang keselamatan berlalu lintas, seperti pengetahuan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, defensive driving, safety riding, dan eco driving, serta manajemen kampanye keselamatan jalan dan public speaking. 

Baca Juga:
Tampilan Pertamax ADV150 Milik Sang Juragan SPBU

 
Dalam acara penutupan yang sekaligus pengumuman pemenang pada Kamis, 15 September 2022 di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta. Hino menyerahkan hadiah untuk 7 orang pemenang yaitu pemenang pertama, kedua, dan ketiga dalam kategori Terbaik dan pemenang pertama dan kedua untuk kategori Sosial Budaya, dan Teknologi. Serta smartwatch untuk hadiah kreatifitas.

Tidak hanya itu, Hino pun turut dipercaya oleh Kemenhub untuk menjadi bagian tim penilaian peserta dan sebagai narasumber untuk memberikan materi mengenai Hino Technician Mechanic School kepada para peserta.
 
“Kami berharap kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan ini melahirkan pemuda pemudi yang peduli akan keselamatan lalu lintas dan menjadi pelopor dalam keselamatan kepada teman temannya, keluarga, serta lingkungannya. Hal ini penting karena penanganan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan harus dilakukan secara komprehensif guna mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan,” tambah Santiko.
 
Hino selalu mengutamakan keselamatan bagi para pengemudi di jalan. Selain selalu mendukung penuh kegiatan atau program Keselamatan berkendara dari Pemerintah. Hino sendiri memiliki beragam fasilitas dan program keselamatan berkendara seperti, Hino Total Support Customer Center (HTSCC) yang memiliki beragam fasilitas basic driving course mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake. 

Baca Juga:
Bikin Central Lock Awet, Jangan Banting Pintu Mobil!

Tentunya dibekali dengan para instruktur yang andal, terlatih dan tersertifikasi BNSP. Karena Hino saat ini memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) atau disebut LSP – LPK PT Hino Motors Sales Indonesia. Selain fasilitas pelatihan, Hino memiliki program keselamatan pengemudi yang dinamakan, Hino Safety Driving Competition. Dimana kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2017 yang sudah diikuti 2.275 peserta pengemudi truk dan bus dari 1.687 perusahaan. 

Dan yang terbaru, kini digelar Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) yang sudah memasuki batch kedua. Dimana kegiatan ini memanfaatkan fitur telematics dari Hino Connect dengan menarik data score card dari device telematics yang terpasang di setiap unit Hino sebagai penilaian dan juga bahan evaluasi.


(uda)