Tips Keselamatan Berkendara

Pemotor Wajib 5P Sebelum Mulai Ngegas ke Jalan Raya

Berkendara aman di jalan raya sebaiknya memperhatikan ragam hal berikut. DAM
Berkendara aman di jalan raya sebaiknya memperhatikan ragam hal berikut. DAM

Autogear.id – Masing-masing orang kiranya punya pemahaman dan kesadaran berbeda-beda, dalam menilai betapa pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya. Setiap pengendara belum tentu memiliki sudut pandang yang sama, terkait bagaimana cara berkendara yang baik dan aman.
 
Bisa dilihat dari kesadaran akan pentingnya menggunakan helm dan riding gear, seperti jaket, sarung tangan dan sepatu ketika berkendara motor. Kemudian bagaimana si pengguna motor tersebut memeriksa kondisi kendaraannya berada dalam keadaan yang baik dan lainnya.
 
Namun itu semua sebenarnya mutlak harus dipastikan berada pada posisi aman, agar ketika sedang berkendara tanpa ada kendala berarti. Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora, Demmy Firmansyah menjelaskan, ada sejumlah hal yang bisa menjadi perhatian pengguna motor.
 
Untuk mengingatkan sebelum pengguna motor tersebut mengendarai tunggangannya. “Pengguna kendaraan wajib melakukan 5P sebelum mengendarai motor, terutama dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara,” ucap Demmy.

Baca Juga:
IMOS 2022 Dibuka Pekan Depan, Kuy! Intip Apa Aja Motor Listriknya

 
1. Penuhi Kesehatan dan Stamina Tubuh
Sudah selayaknya stamina tubuh pengendara motor dan penumpang bila boncengan, harus dalam keadaan sehat. Apalagi bila perjalanan jauh, menembus rute luar kota. Bila fisik sedang kurang fit, alangkah baiknya tidak berkendara terlebih dahulu. Menghindari risiko kejadian yang tidak diinginkan.
 
2. Pastikan Kondisi Kendaraan Aman 
Pemilik motor wajib memeriksa kondisi kendaraan yang akan digunakannya. Pastikan dalam kondisi yang prima, agar terhindar dari risiko kecelakaan yang diakibatkan oleh malfungsi kendaraan. “Atau adanya komponen motor yang rusak, karena sebelumnya tidak dilakukan perawatan secara berkala,” kata Demmy.
 
3. Prioritas Kelengkapan Riding Gear 
Ketika berkendara juga wajib menggunakan riding gear yang lengkap seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Agar meminimalisir cedera yang terjadi, jika mengalami musibah kecelakaan.
 
4. Perhatikan Rambu-rambu di Jalan
Sewaktu berkendara, pengguna motor harus selalu mematuhi rambu lalu lintas. “Salah satu fungsi dari adanya rambu lalu lintas adalah alat bantu, untuk memprediksi bahaya dalam menghadapi sebuah situasi yang dilalui di jalan raya,” tukasnya.

Baca Juga:
Main di Kelas 125cc, Apa yang Menarik di Avenis?

 
Rambu-rambu dibuat untuk menciptakan keadaan lalu lintas yang kondusif, menjadi lebih aman dan lancar. Pasalnya risiko kecelakaan juga kemungkinan besar bisa terjadi, bila pengendara melanggar rambu lalu lintas yang ada.
 
5. Persiapkan Surat-surat Kendaraan
 Hal yang juga harus selalu dipersiapkan ketika berkendara motor adalah membawa surat-surat kendaraan, seperti Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Ini juga bertujuan sebagai identitas diri pengendara dan kendaraannya ketika melintas di jalan raya.


(uda)