Formula 1 Belanda 2022

Verstappen Dulang Kemenangan di F1 Zandvoort nan Dramatis

Max Verstappen menjuarai F1 Belanda yang berlangsung di Sirkuit Zandvoort pada Minggu (4/9/2022). Red Bull CP
Max Verstappen menjuarai F1 Belanda yang berlangsung di Sirkuit Zandvoort pada Minggu (4/9/2022). Red Bull CP

Autogear.id - Max Verstappen kembali meraih kemenangan fantastis usai menjalani balapan yang sangat dramatis di Sirkuit Zandvoort, Belanda pada Minggu (4/9/2022). Sesi balapan yang berlangsung dengan beberapa insiden, membuat tim harus memainkan strategi yang tepat untuk memenuhi ekspektasinya berada di barisan depan.

Melihat beberapa insiden tersebut, Red Bull Racing pun memanfaatkan strategi pit stop terbaiknya seperti menerapkan kompon ban sebanyak 4 (3 kali pit stop). Dan hasilnya, Verstappen menang dengan mudah tanpa harus mengeluarkan effort besar untuk menyusul Lewis Hamilton di beberapa usai safety car terakhir masuk ke pit lane. 

"Kami sangat kompetitif ketika menggunakan kompon lunak dan membuat saya bisa lebih baik di hampir semua sektor di sirkuit ini. Namun ketika menggunakan kompon medium dan keras, performa mobil tak sekompetitif di kompon lunak. Hingga akhirnya kesempatan datang di momentum safety car terakhir, dan ini kami manfaatkan dengan mengganti kompon ban lunak. Ternyata itu berhasil, ini kerja luar biasa dari tim," klaim Verstappen.

Di urutan kedua, George Russel juga tampil kompetitif lantan di momentum terakhir Ia melihat kesempatan untuk bisa tampil kompetitif menggunakan kompon ban lunak. Dan Ia memaksa tim untuk mengganti bannya ke kompon lunak. Ia juga berhasil menyusul rekan setimnya Lewis Hamilton yang justru lebih mendengar apa yang dikatakan timnya agar tetap berada di lintasan.

Baca Juga:
Pecco Pecah Rekor 4 Kemenangan Berturut di MotoGP Misano 2022

"Senang rasanya bisa tampil kompetitif di sirkuit ini, Setidaknya kami bisa membawa hasil bagus dan membuktikan bahwa strategi kami tak kalah baik. Tentu masih perlu lebih melihat kondisi dan mengambil keputusan cepat untuk menerapkan strategi terbaik," ujar Russel.

Pembalap yang finish di podium terakhir yaitu Charles Leclerc, kali ini terlihat cukup senang. Lantaran Ia juga sanggup mengamankan podium terakhir. Padahal sebelum melakukan pit stop terakhir kesempatannya untuk bisa meraih podium agak sulit. Namun strategi penggunaan ban dengan kompon lunak memang jadi kunci untuk tampil kompetitif di akhir balapan.

Lewis Hamilton yang diprediksi bakal meraih kemenangan pertama kali di musim ini, ternyata tak berikutik. Ia mengikuti strategi yang diterapkan oleh timnya untuk tak melakukan penggantian ban lagi, mengingat posisinya sebelum insiden yang menimpa Valtteri Bottas di dekat jalur pit out 25 lap terakhir, berada di urutan pertama. 

Hasil F1 Zandvoort Belanda 2022:
1. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
2. George Russel, ING, Mercedes GP
3. Charles Leclerc, MON, Scuderia Ferrari  


(uda)