Tips Perawatan Motor

Alasan Gen Z Kesemsem Pelumas yang Sokong Gresini Racing di MotoGP

Pelumas yang dihadirkan Federal Oil diklaim punya sejumlah keunggulan yang membuat Gen-Z jadi terpikat. AG - S Alun S
Pelumas yang dihadirkan Federal Oil diklaim punya sejumlah keunggulan yang membuat Gen-Z jadi terpikat. AG - S Alun S

Autogear.id – Generasi masa sekarang, atau biasa disebut Generasi Z (Gen Z), alias generasi milenial, lambat laun semakin dipermudah untuk banyak hal, terkait teknis otomotif beserta pendukungnya. Misalnya saja perkara pelumas, dimana dulu hanya sebatas tahu informasi, kalau ini pelumas motor, dan itu pelumas mobil. Tapi kini, penajaman spesifikasi seperti tingkat viskositas atau kekentalan, pun wajib diketahui dan diperhatikan oleh mereka.

Mengingat penajaman spesifikasi, juga mulai tinggi, produsen pelumas pun sadar bahwa hal tersebut adalah salah satu kebutuhan Gen Z. Mengingat banyak dari mereka yang ingin membeli dan melakukan penggantian oli sendiri di rumah. Namun tak tahu spesifikasi apa yang harus dibelinya. Pasalnya, ketika salah memilih oli yang tidak sesuai spek mesin, maka dapat mengganggu performa mesin. Efek yang ditimbulkan apabila kekentalan yang digunakan berbeda dengan yang seharusnya adalah kendaraan jadi lebih berat.

Kemudian mesin biasanya akan terdengar menggelitik, atau yang biasa disebut engine knocking. Efek selanjutnya, mesin akan mudah panas atau mengalami overheat, performa mesin mulai terganggu, dan mesin tidak mau jalan (mogok) karena overheat. Kembali bicara Gen Z ketika memilih produk oli, dari sekian banyak merek pelumas di pasaran, ternyata Federal Oil menjadi salah satu yang dipilih oleh kaum milenial.

Terbukti, saat oli yang menjadi sponsor tim Gresini Racing MotoGP ini mendapat anugerah Silver Award dari ajang Youth Choice Award (YCA) 2022, kategori Motorcycle Lubricants. Adapun YCA merupakan penghargaan untuk merek-merek pilihan Gen Z berdasarkan online voting, yang berlangsung pada periode 4 Januari hingga 28 Februari 2022.

Baca Juga:
5.919 Unit Kendaraan Terjual Sepanjang Jakarta Auto Week 2022?

Voting ini melibatkan lebih dari 1.500 mahasiswa, yang merupakan Gen Z dari 35 kampus ternama di berbagai kota Indonesia, yang menjadi tujuan belajar Gen Z. Kampus-kampus itu tersebar di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Salatiga, Malang, Surabaya, dan lainnya.

Dikatakan Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI), Pablo Conrad, bahwasanya pencapaian luar biasa bagi Federal Oil, ketika berhasil mendapatkan penghargaan pada ajang Youth Choice Award 2022, yang dipilih langsung oleh para Gen Z. “Kami bersyukur produk kami mendapat perhatian dari generasi yang pasarnya sangat besar belakangan ini, dan di masa depan. Apa yang kami raih ini sesuai dengan empat pilar Federal Oil, yakni Easy, Indonesia, Caring, dan Adaptive. Dimana Federal Oil dapat diterima di kalangan Gen Z, karena kami mengerti kebutuhan mereka dalam berkendara,” urainya.

Sementara Federal Oil Brand General Manager PT EMLI, Hasril Arsyad menjelaskan, apresiasi positif dari Gen Z ini menunjukkan bahwa Federal Oil sangat potensial di segmennya. “Produk Federal Oil yang ditawarkan di Indonesia menunjukkan sangat kompetitif, melihat banyaknya pilihan produk untuk semua jenis kendaraan harian. Hasil ini akan kami lanjutkan, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan Gen Z yang memang pasarnya sangat besar, namun generasi lainnya yang juga membutuhkan pelumas yang berkualitas untuk kebutuhan kendaraannya,” tutur Hasril.

Federal Oil juga terus berkomitmen dalam bikin bangga Indonesia, tidak hanya melalui ajang balap internasional dimana mereka menjadi sponsor tim Gresini Racing MotoGP, tapi juga melalui program-program marketing yang akan dihadirkan untuk generasi muda. Beberapa waktu lalu, Federal Oil telah meluncurkan produk generasi baru, dengan tiga sub kategori produk yang memiliki total delapan varian dengan formulasi, dan spesifikasi terbaru untuk memberikan kinerja mesin yang lebih baik sesuai jenis motornya.

Baca Juga:
GAIKINDO Janji Bakal BIkin Jakarta Auto Week jadi Rutinitas Tahunan

Produk tersebut adalah Federal Matic, pelumas yang diperuntukkan motor matik, Federal Ultratec, diperuntukkan motor bertransmisi manual atau motor bebek, dan Federal Racing yang dirancang khusus untuk motor bertransmisi manual berperforma tinggi. Di samping ikut mendung ajang balap motor bergengsi, MotoGP, melalui tim Gresini Racing, produk-produk Federal Oil juga kini semakin komunikatif dengan semua kalangan, khususnya Gen Z. Lantaran diperkuat pula oleh kemasan baru yang informatif dan anti pemalsuan, serta sesuai era kekinian.

Mulai dari botol kemasan yang dilengkapi QR Code, lalu adanya gambar motor pada kemasan, sesuai peruntukkan motor masing-masing. Kemudian informasi viskositas dan spek pelumas, untuk dicocokan sesuai kendaraan masing-masing. Serta tak kalah menarik dan penting adalah adanya motif Batik Parang, pada kemasan Federal Oil. Sebagai wujud upaya pelestarian budaya, yang kiranya perlu diketahui dan dijaga dengan baik oleh Gen Z.


(uda)