Pelumas Kendaraan

Batik Parang Jadi Inspirasi Federal Oil Tangkal Pelumas Abal-Abal

Motif batik di kemasan pelumas Federal Oil membuatnya akan sulit ditiru oleh pemalsu oli. AG-S Alun Segoro
Motif batik di kemasan pelumas Federal Oil membuatnya akan sulit ditiru oleh pemalsu oli. AG-S Alun Segoro

Autogear.id – Menjalani sebuah kehidupan selama 30 tahun lebih, tentu bukanlah waktu yang sebentar. Dimana proses di dalamnya pastilah menunjukkan tingkat kedewasaan dan kematangan yang kian bertambah, dalam segala hal. 

Begitupula sepak terjang Federal Oil dalam dunia perpelumasan, yang sudah menginjak usia lebih dari 33 tahun senantiasa hadir mewarnai industri otomotif di Tanah Air. Selama ini bisa dikatakan Federal Oil telah teruji dan terbukti, dalam menghadirkan ragam produk pelumas kendaraan bermotor berkualitas.

Federal Oil mengakui, komitmen mereka dalam menghadirkan aneka produk sesuai kebutuhan konsumen, tak lepas dari inovasi yang terus dilakukan melalui riset yang berkesinambungan. Tujuannya tentu saja demi mendengarkan kebutuhan dan keinginan konsumen, dalam mendukung kinerja mesin kendaraan bermotor yang semakin canggih dari masa ke masa.

Bicara usia 33 tahun lebih tentunya tidak luput dari segala macam tantangan. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh Federal Oil adalah pemalsuan produk, lantaran sudah teruji dan terbukti kualitasnya. Federal Oil banyak digunakan para pengguna motor, alhasil mengundang pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, untuk menduplikasinya.

Baca Juga:
Bangkitkan Industri Otomotif Lewat Pameran, Target Menperin Agus Gumiwang

Membuat pelumas menyerupai Federal Oil, dengan memasang harga di bawah oli aslinya. Bahkan sampai-sampai kemasan pun dibuat nyaris sama, memanfaatkan ketidaktelitian atau ketidaktahuan konsumen. Risikonya adalah, kendaraan bermotor konsumen yang menjadi korbannya, karena standar kualitasnya yang berbeda.

Menyikapi hal tersebut, Federal Oil pada akhirnya terus melakukan riset dan pengembangan yang mendalam. Untuk mengantisipasi penyebaran Federal Oil ‘abal-abal’, alias palsu. Strategi yang dilakukan Federal Oil antara lain dengan mengedukasi konsumen, melalui ribuan outlet serta bengkel mitra Federal Oil Center dan Super Federal Oil Center. Selain itu dilakukan pula penyegaran botol kemasan Federal Oil, agar tidak dapat ditiru, sehingga terjaga keasliannya.

Hal tersebut disampaikan Federal Oil Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), Hasril Arsyad saat peluncuran generasi baru dari berbagai lini produk Federal Oil. Baik untuk kendaraan roda dua bertransmisi matik maupun non-matik (manual).

“Generasi baru ini hadir selain dengan inovasi formula yang dapat mengoptimalkan kinerja mesin. Serta fitur untuk memudahkan konsumen memilih produk yang tepat, dan juga dapat dipastikan keaslian kualitas produknya oleh konsumen”, jelas Hasril di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Status Pengendara Moge Penabrak Bocah di Ciamis, Naik jadi Tersangka

Sebelumnya Executive Advisor of PT Federal Karyatama (FKT) dan PT EMLI, Patrick Adhiatmadja, dalam kesempatan yang sama mengatakan, ada tiga langkah inovasi untuk memudahkan konsumen dalam memilih produk yang sesuai bagi motornya, serta menghadirkan kemasan baru dengan mengusung 3 (tiga) fitur Pasti. 

Pertama yaitu Pasti Cocok, dengan desain kemasan informatif, sehingga menjadi solusi bagi para pengendara dalam mencari pelumas yang tepat untuk kendaraannya.  Lalu yang kedua, Pasti Bikin Bangga Indonesia, untuk menunjukkan komitmen dalam menghadirkan produk yang berkualitas dengan menerapkan identitas Indonesia.

Ketiga, Pasti Asli, karena dilengkapi dengan teknologi QR Code terbaru yang membuat konsumen, dan mitra bengkel dapat memastikan keaslian dari produk kapan saja dan di mana saja. Menjadikan konsumen yakin, tidak salah dalam memilih Federal Oil. Hasril menjabarkan apa yang disampaikan Patrick, desain kemasan baru yang informatif, pada botol kemasan Federal Oil terdapat gambar jenis motor sesuai spesifikasi pelumasnya. “Jadi pelumas untuk motor matik, pada botol kemasannya terdapat gambar motor matik. Begitupula untuk pelumas motor bebek dan sport," ungkapnya.

Untuk menunjukkan komitmen dalam menghadirkan produk yang berkualitas dengan menerapkan identitas Indonesia, menurut Hasril, dijelaskan melalui pola ukiran batik ke dalam bentuk botol yang baru. “Batik Parang ini memiliki makna petuah untuk tidak pernah menyerah. Ibarat ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak, Batik Parang juga menggambarkan jalinan yang tidak pernah putus. Baik dalam arti upaya untuk memperbaiki diri, upaya memperjuangkan kesejahteraan, maupun bentuk pertalian keluarga,” tukasnya.

Selanjutnya, teknologi QR Code, masing-masing botol sudah memiliki nomer registrasi yang berbeda satu sama lain. “Jadi tak mungkin botol yang satu sama dengan botol lainnya, sehingga kemasannya sulit ditiru,” kata Hasril.

Federal Oil menghadirkan 3 (tiga) kategori produk dengan total 8 (delapan) varian yang memiliki formulasi dan spesifikasi terbaru, untuk memberikan kinerja mesin lebih baik sesuai jenis motornya. Yakni Federal Matic, diperuntukkan bagi motor bertransmisi matik dengan 5 (lima) pilihan varian yaitu Federal Matic 30, 40, Ultratec 30 dan Y40, serta Federal Matic Gear Oil yang diperuntukkan khusus dalam melindungi roda gigi pada motor matik. 

Kemudian 2 (dua) varian dari Federal Ultratec, diperuntukkan bagi motor bertransmisi manual atau motor bebek yaitu Federal Ultratec dan Ultratec XX. Satu lagi varian Federal Racing, dirancang khusus motor bertransmisi manual dengan performa tinggi.


(uda)