Pelumas Kendaraan

Tenar di Segmen Fluida Kendaraan, Seiken Kini Main Pelumas

Seiken sasar segmen pelumas premium dengan produk pelumas terbaru mereka. S
Seiken sasar segmen pelumas premium dengan produk pelumas terbaru mereka. S

Autogear.id - Tenar di segmen fluida kendaraan sebagai pemain produk premium untuk ragam cairan yang ada di kendaraan seperti coolant dan cairan untuk sistem pengereman kendaraan (brake fluid), produsen produk Seiken di Indonesia yaitu PT Indosarana Lokapratama (ILP), kini lebih percaya diri memainkan segmentasi pelumas untuk kendaraan. 

Bukan main-main, mereka bahkan sudah mengantongi sertifikasi dari API yaitu American Petroleum Institute yang jadi acuan sertifikasi untuk pelumas dunia. Namun mereka juga mengklaim sudah mendapatkan lisensi dari SNI (Standard Nasional Indonesia) untuk melakukan pemasaran produk. Keseriusan mereka dalam bermain di segmen pelumas untuk kendaraan, juga dibuktikan dengan terdapatnya riset yang mereka lakukan selama 4 tahun sebelum resmi menjual produk pelumasnya.

Hal ini dipaparkan oleh Aftermarket Marketing Section Head PT ILP yaitu Novarian Praputranda saat berbicara kepada Autogear.id. Ia menegaskan bahwa mereka tak mau ambil risiko untuk bermain di segmen pelumas middle down atau di level menegah ke bawah. Lantaran produk Seiken selama ini dikenal dengan produk cairan untuk kendaraan di middle to up atau menengah ke atas.

"Ya efeknya bisa kena ke produk cairan yang lainnya yaitu coolant dan brake fluid. Itulah alasannya mengapa kami harus memastikan lisensi atau sertifikasi pelumas kami harus punya standar tinggi. Ini juga menjadi bukti bahwa kami memang serius menggarap pasar pelumas dalam negeri. Mengingat potensinya memang sangat besar," ujar Novarian.

Baca Juga:
Suzuki Berani Jamin 5 Tahun Baterai Lithium-Ion di Ertiga Hybrid

Novarian menegaskan bahwa meski mereka menyasar segmentasi middle to up, namun harga produk pelumas yang mereka pasarnya sengaja di-setup di harga yang kompetitif. Mengingat pelumas yang mereka punya ini proses blending-nya sudah dilakukan sendiri di pabrik mereka. Sehingga mereka bisa menekan harga yang tinggi akibat proses blending itu.

"Jadi semua cairan dan pelumas Seiken sudah diproduksi sendiri di Cikupa. Makanya harga bisa ditekan lebih kompetitif dengan pelumas lainnya. Tapi kualitas tetap kami tempatkan di segmen premium."

Di GIIAS 2022, merek pelumas ini juga sangat antusias untuk mengikuti pameran otomotif terbesar di Indonesia yaitu GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2022. Lokasinya berada di Hall-9 yang berdampingan langsung dengan lokasi EV Test Track. 


(uda)