Honda Berjaya di Balap Mobil Historis Indy 500

Helio Castroneves usai menjuarai Indy Car 2021. (Foto: Honda Mobil)
Helio Castroneves usai menjuarai Indy Car 2021. (Foto: Honda Mobil)

Autogear.id - Honda berjaya di ajang balap historis dan bergengsi Indy 500 tahun 2021. Pabrikan asal Jepang tersebut berhasil menempatkan dua pembalapnya di posisi satu dan dua.

Helio Castroneves dari tim Meyer Shank Racing mempersembahkan kemenangan ke-14 untuk Honda di Indy 500. Kemenangan tersebut sekaligus merupakan kemenangan ke-4 kalinya yang dipersembahkan Helio Castroneves di seri balap Indy 500.

Seperti diketahui, Helio Castroneves sendiri telah berpartisipasi di ajang balap Indy 500, selama 21 tahun berturut-turut. Tepatnya sejak tahun 2001.

Sementara itu, Alex Palou dari tim Chip Ganassi Racing berhasil mengantongi finis kedua, hanya dengan selisih waktu 0,4928 detik di belakang Helio Castroneves.

Hasil finis kedua tadi akhirnya menempatkan Alex Palou menjadi pemimpin klasemen sementara dari ajang balap IndyCar Series tahun 2021, dengan mengoleksi 248 poin.

Helio Castroneves, sebagai pembalap yang mewakili tim Meyer Shank Racing mengatakan, dirinya telah bekerja dengan Honda Performance Development (HPD) sejak 3 (tiga) tahun lalu.

“(Dimana) Insinyur HPD menghabiskan waktu yang sangat lama untuk saya, dan mendengarkan saya. Hal ini memang diperlukan untuk menang,” tukasnya.

Helio mengakui telah berada di tim terbaik selama bertahun-tahun, sehingga ia merasa dapat mengumpulkan pengalaman dan informasi mereka.

“Saya tingkatkan kemampuan dalam diri saya, dan mulai bereksperimen dengan mereka (insinyur HPD). Saya pikir, pada akhirnya kami bisa berdiri di Victroy Circle seperti ini, karena mereka benar,” sergahnya.

Sedangkan bagi Honda sendiri, ini merupakan kemenangan ke-14 dalam salah satu balapan spektakuler di dunia tersebut. Tahun 2020 kemarin, Honda juga sukses menjuarai Indy 500. Dimana pembalap Jepang, Takuma Sato, berhasil menyabet gelar juara untuk kedua kalinya sejak tahun 2017. 

Balap Indy 500 tahun ini sekaligus menandai balapan serupa, yang sudah digelar sejak 105 tahun lalu di tempat yang sama. Yaitu lokasi bersejarah, di sirkuit Indianapolis, Amerika Serikat. Sementara agenda balap Indy 500 digelar setiap tahunnya, dan kegiatan tersebut telah masuk ke dalam kalender balap IndyCar Series.


(acf)