Porsche Gelar Kejuaraan e-Sport Gran Turismo Cup Asia Pacific 2021

Porsche gelar kejuaraan e-sport Gran Turismo Cup Asia Pacific 2021 04 (Foto: Porsche)
Porsche gelar kejuaraan e-sport Gran Turismo Cup Asia Pacific 2021 04 (Foto: Porsche)

Autogear.id - Porsche Asia Pacific menggelar sebuah kejuaraan e-sport terbaru, bertajuk ‘Porsche Gran Turismo Cup Asia Pacific’. Dimana babak kualifikasi pertama berlangsung Minggu (5/9/2021). Balapan e-sports ini diselenggarakan bersama Porsche Japan, Korea dan Taiwan.

Turnamen balap simulasi ini, melengkapi kesuksesan ajang e-sports Porsche sebelumnya. Seperti Porsche Asia Pacific Forza Cup 2020, Porsche SimRacing Trophy, dan Porsche e-Sports Supercup.

Gran Turismo Cup Asia Pacific dimainkan di Gran Turismo Sport, sebuah game yang dirancang untuk Sony PlayStation 4. Turnamen ini terbuka untuk peserta dari Singapura, Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia, Brunei, Filipina, dan Selandia Baru.

Para peserta dituntut mengumpulkan poin di 5 babak kualifikasi. Masing-masing terdiri dari dua slot kompetisi. Pesaing yang lolos ke 5 tempat di semifinal, akan bertemu dengan pembalap top dari Jepang, Korea Selatan dan Taiwan. 

Kemudian 10 pesaing teratas yang menang semifinal, lanjut bertarung di partai final. Pemenangnya berhak membawa hadiah utama, akomodasi penuh berakhir pekan di Tokyo. Termasuk mengunjungi Porsche Experience Centre Tokyo dan lainnya.

Balap kualifikasi sendiri diadakan di sirkuit papan atas dunia. Seperti De La Sarthe dari Le Mans 24 Jam, sirkuit tempat Porsche memenangkan rekor 19 gelar. Lalu Fuji Speedway, lokasi digelarnya Kejuaraan Ketahanan Dunia (WEC). Sirkuit Mount Panorama dari balapan 24 Jam Bathurst. Sirkuit Goodwood Motor, lokasi balap mobil klasik terkenal di dunia. Serta sirkuit De Spa Francorchamps. 

Kendaraan Porsche yang digunakan untuk setiap balapan berbeda-beda. Termasuk 919 Hybrid dan 962 C untuk Le Mans. Bersama dengan 356 A, model terkenal dari kancah motor sports era 50-an. 

Untuk berpartisipasi, pada game Gran Turismo Sport, pilih Sport Mode, dan pilih event bertajuk ‘Porsche Gran Turismo Cup Asia Pacific’. Oh iya, Gran Turismo Sport juga bisa dimainkan dengan PlayStation 5. Pastinya peserta harus berusia 18 tahun ke atas. 

Adapun seluruh jadwal balap kualifikasi online dihelat pukul 20.00 dan 21.30 waktu Singapura. Terkait babak final, dijadwalkan pertengahan Desember 2021.

Berikut jadwal kualifikasi kejuaraan e-sport Porsche Gran Turismo Cup Asia Pacific 2021:
Race -- (Date) -- Circuit -- Car
Rd. 1 (5 Sep) Fuji Speedway -- 911 RSR (991) '17    
Rd. 2 (19 Sep) Circuit de la Sarthe -- 919 Hybrid (Porsche Team) '16    
Rd. 3 (3 Okt) Mount Panorama -- Cayman GT4 Clubsport '16    
Rd. 4 (10 Okt) Goodwood Motor Circuit -- 356A/1500GS Carrera Speedster ‘56    
Rd. 5 (31 Okt) Circuit de Spa-Francorchamps -- 962 C '88


(acf)