WRC Monte Carlo 2022

Debut dengan Tim Baru, Loeb Menangi Seri Perdana WRC 2022

Sebastien Loeb tampil agresif menggunakan Ford di bawah tim M-Sport yang tenar dengan konfigurasi setup-nya yang mumpuni. RedBull CP
Sebastien Loeb tampil agresif menggunakan Ford di bawah tim M-Sport yang tenar dengan konfigurasi setup-nya yang mumpuni. RedBull CP

Autogear.id - Gagal meraih juara dunia perdananya di ajang Dakar Rally 2022, Sebastin Loeb rupanya tetap serius menjalani karir balapnya di ajang World Rally Championship (WRC) 2022. Terbukti di seri perdana yang berlangsung akhir pekan ini di Monte Carlo, Monaco, Ia tampil sempurna dengan kemenangan memuaskan setelah melalui etape terakhir pada Minggu (23/1/2022).

Kemenangan ini menjadi kemenangan ke-8 baginya di Monte Carlo sejak menjalani karir balap di ajang balap reli dunia itu. Dengan demikian, sekarang posisinya sama dengan Sebastien Ogier yang lebih dulu meraih 8 kemenangan di seri yang selalu menjadi pembuka itu.

Kemenangan Loeb tentu tak mudah Ia raih. Lantaran di beberapa etape Ia memang masih kalah performa dari Ogier yang juga langganan menang di lintasan tersebut. Meski dibekali dengan mobil berperforma berbeda lantaran ditenagai oleh Ford dan di-tuning khusus oleh M-Sport, Ia langsung dapat beradaptasi dengan cepat. 

"Jujur saja, kemenangan ini sangat menyenangkan bagiku. Tak pernah menduga sebelumnya akan sekompetitif ini di Monte Carlo sekarang. Pertarungan ketat dengan Ogier juga sangat menyenangkan, meski saya agak bermasalah di sesi pagi. Tapi akhirnya kami meraih hasil bagus," klaim Loeb usai meraih kemenangan.

Baca Juga:
Relaksasi PPnBM Berlaku, Harga Sigra dan Ayla Turun Hingga Rp4 Juta

Kemenangan Loeb ini juga tak lepas dari kesempurnaan Isabelle Galmiche dalam memandu navigasi saat balapan berjalan di 16 etape. Terlebih di power stage, Ia benar-benar sempurna mengarahkan Loeb meraih hasil bagus saat balapan. Ia menjadi navigator pertama wanita selama 25 tahun terakhir sejak Fabrizia Pons mengantar driver-nya meraih kemenangan.

JIka dilihat selisih waktu antara Loeb dan Ogier di etape terakhir, mereka hanya terpaut 10,5 detik saja. Namun ini menjadi selisih yang sangat signifikan ketika pertarungan itu berlangsung alot. Kemenangan yang diraih Loeb juga tak lepas dari masalah yang menimpa Ogier. Ia mengalami kebocoran ban depan sebelah kiri dan kehilangan waktu yang cukup banyak.

"Selain itu, ada suara aneh ketika mengawali balapan di etape ini. Sebenarnya kami sangat optimis meraih hasil bagus, tapi ketika mengalami masalah kebocoran seperti ini, menjadi hal yang patut dimaklumi. Setidaknya, tim kami sudah berupara dengan sangat baik," timpal Ogier.


(uda)