Dakar Rally Etape-8 Mobil

Jelang Rest Day, Loeb Menangi Etape 8 Gara-Gara Sainz Kena Penalti

Sebastien Loeb kembali meraih kemenangan etape setelah Carlos Sainz dijatuhi penalti 5 menit. Red Bull CP
Sebastien Loeb kembali meraih kemenangan etape setelah Carlos Sainz dijatuhi penalti 5 menit. Red Bull CP

Autogear.id -  Menjelang sesi rest day atau masa rehat yang berlangsung pada Senin (9/1/2023), para pereli di ajang Dakar Rally (DR) 2023, terlihat mulai pol-polan melakukan strategi menyerang. Apalagi setelah melihat jarak antar mereka kian melebar dengan pereli yang ada di depannya di klasemen sementara. Hal inilah yang disadari oleh Carlos Sainz dan Sebastien Loeb. 

Keduanya berupaya keras untuk tampil apik dan memenangi balapan di etape 8 yang menempuh perjalanan dari Al Duwaidimi ke Riyadh dengan jarak tempuh 713 km termasuk 398 km etape spesialnya. Namun nasib malang kembali menimpa Sainz, bukan karena mobilnya mengalami masalah teknis, namun Ia melanggar batas kecepatan maksimal di beberapa check point. 

Alhasil Sainz yang harusnya meraih kemenangan di etape ini, malah harus rela terkena penalti sebanyak 5 menit. Penalti ini langsung membuat posisinya melorot ke urutan ketiga hasil balap di etape 8. Dengan penalti itu selsiihnya dari Loeb yang memenangi balapan jadi 3,31 menit. Sementara Nasser Al-Attiyah yang finish di urutan kedua berselisih 2,11 menit dari Loeb.

"Akhirnya kami bisa menjalani balapan dengan bersih dan performa yang sangat baik. Meski mengawali balapan dari posisi belakang, namun karena lintasan diguyur hujan, membuat visibilitas kami lebih jernih. Setidaknya hal ini membuat kami masih tetap optimis mengejar ketertinggalan dan tetap melihat kemungkinan yang bisa membuat mobil ini bisa finish di urutan yang optimal," klaim Sainz. 

Baca Juga:
Pereli Audi Bertumbangan, Rajhi Bawa Toyota Kian Manguat

Sementara Loeb yang akhirnya finish sebagai pemenang, juga menyayangkan terjadinya masalah kebocoran ban mobilnya di pertengahan balapan. Hal ini membuat Ia kehilangan beberapa menit untuk melakukan penggantian ban.

Dengan hasil ini, Alttiyah masih memimpin di klasemen pereli dengan selisih waktu yang sangat besar dari Lategan yang merupakan rekan setimnya. Bahkan Sebastien Loeb yang memenangi etape 8 juga berselisih sangat besar darinya, nyaris 2 jam di klasemen sementara. Apakah Attiyah bakal terkejar di paru kedua DR 2023? Kita lihat saja nanti.

Hasil Dakar Rally Mobil Etape-8:
1. Sebastien Loeb, Bahrain Raid Xtreme, 3 jam 34,24 menit
2. Nasser Al-Attiyah, Toyota Gazoo Racing, +2,11 menit
3. Carlos Sainz, Team Audi Sport, +3,31 menit


(uda)