Komunitas Otomotif

Akhir Oktober Ratusan Bikers Motor Besar Indonesia Bakal Serbu Kota Bandung

Bikers moge ini bakal menyerbu Kota Bandung, ada apa ya? MBI
Bikers moge ini bakal menyerbu Kota Bandung, ada apa ya? MBI

Autogear.id - Motor Besar Indonesia (MBI) akan melaksanakan Jambore Nasional ke-2, di Kota Bandung, Jawa Barat (27-29/10/2023). Kegiatan tersebut mengambil tema "Bersama Motor Besar Indonesia Bersatu, Bersama Bersaudara untuk Indonesia Maju".

Dikatakan Ketua Umum (Ketum) MBI, Satrio Nur Rachmanto, Jambore Nasional (Jamnas) merupakan agenda rutin MBI yang diadakan setiap 3 tahun sekali. Dimana salah satu tujuannya adalah menjaga silaturahmi antara anggota. Mengingat, klub yang merayakan ulang tahunnya yang ke-5 tahun ini telah memiliki ribuan anggota, tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Kegiatan Jamnas yang bersifat nasional ini ditujukan untuk menjaga silaturahmi antara anggota yang mungkin sangat jarang berkesempatan saling bertemu sapa mengingat lokasi yang berjauhan,” kata Ketum yang akrab dipanggil Rio Castello. 

Menurut Rio, Jamnas ini seharusnya diadakan pada tahun 2022. Namun diputuskan diundur ke tahun 2023, untuk mendukung program penuntasan pandemi Covid-19. Sebelumnya, Jamnas pertama diadakan pada tahun 2019, di Pantai Pangandaran, Jawa Barat. 

Baca Juga:
Ingin Jadi One Stop Solution, Aspira Rilis Oli Baru Buat Motor dan Mobil

Menyangkut tema yang diusung, agenda Jamnas ini juga dimaksudkan untuk menunjukkan kalau bikers MBI tidak hanya mengesankan secara tampilan. Tapi hendaknya memiliki karakter bijak, berwawasan luas, murah hati dan peduli kepada sesama. “Walau berasal dari wilayah dan budaya berbeda, tetap bersatu dan bersaudara untuk saling mendukung Indonesia maju,” kata Rio lagi. 

Sementara itu, Wakil Ketum MBI yang juga kali ini didaulat menjadi Ketua Panitia Jamnas, Rudy Hartono, menyebutkan, sekitar 500 hingga 700 orang anggota MBI dari seluruh daerah akan hadir, dengan melakukan touring. 

“Sengaja kami pilih lokasi di Kota Bandung, karena sangat strategis untuk setiap wilayah yang berkeinginan memanfaatkan momen ini, buat menggelar touring wilayah,” papar Rudy yang juga menyampaikan, dijadwalkan Ketua Dewan Pembina MBI, Bambang Soesatyo, akan hadir pada kegiatan ini. 

“Beliau adalah Ketua MPR RI, Ketua Umum IMI, dan juga Ketua Dewan Pembina kami senantiasa menunjukkan dukungan luar biasa ke dunia otomotif Indonesia secara umum. Turut hadir Ketua Dewan Penasihat MBI, Basrizal Koto, yang punya ketertarikan pada dunia otomotif yang sangat tinggi,” jelasnya.

Baca Juga:
Dunia Kampus Diajak Kenalan Lebih Deket Dengan EV

Kegiatan Jamnas akan dimeriahkan aktivitas Rolling Thunder menuju Gedung Sate, lanjut kembali ke lokasi acara. Selain itu, acara diseting dengan konten sarat kegiatan hiburan dan budaya, karena anggota MBI dinilai kaya akan latar belakang budaya berbeda. 

“Acara ini dilengkapi pula dengan giat bakti sosial, berupa santunan untuk anak yatim. Memang selama ini kegiatan MBI kami upayakan selalu terdiri dari 70 persen touring dan gathering, serta 30 persen bakti sosial,” jelas Rudy.

Sejauh ini keanggotaan MBI telah mencakup 14 wilayah. Di antaranya DKI Jakarta, Cirebon, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Bali, Bogor, Batam, Karawang, Makassar, Riau, Surabaya, dan Sulawesi Tenggara. 

Rencananya, pada 14 Oktober mendatang, klub yang berdiri pada tanggal 13 Mei 2018 ini akan melantik wilayah baru, yaitu Sumatera Barat. Sehingga Jamnas ke-2 ini bisa dihadiri 15 Wilayah. Bahkan di tengah gelaran Jamnas akan diadakan pelantikan wilayah lagi, yaitu Sumedang.


(uda)