Mobil Terbang

EHang 216 Kian Eksis, Langsung Dijajal Jokowi

Mobil terbang eHang mendapat perhatian besar dari Presiden RI, Joko Widodo dan jajarannya. PA
Mobil terbang eHang mendapat perhatian besar dari Presiden RI, Joko Widodo dan jajarannya. PA

Autogear.id - Kendaraan udara otonom EHang 216 semakin memperkuat eksistensi di tanah air. Terlebih ketika Prestige Aviation memboyong satu unit kendaraan tersebut, untuk tampil di acara Hub Space X KAI Expo 2023. Bahkan kendaraan udara otonom tersebut sempat dijajal Presiden Jokowi, yang hadir dalam acara Hub Space X KAI Expo. 

Jokowi saat itu didampingi sejumlah mantan Menteri Perhubungan, seperti Muhammad Hatta Rajasa, E.E. Mangindaan, dan Emil Salim. Terlihat pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, pengusaha ternama Chairul Tanjung, serta Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen. Pol. Firman Santyabudi.

Ketika melihat EHang 216, Jokowi mencoba duduk langsung di dalam kabin “pesawat tanpa awak” itu. "Taksi terbang, wah menarik. Presiden Jokowi kelihatan sangat excited mencobanya. Memang suatu teknologi baru, harus diterima dengan baik," kata Budi Karya, saat ditemui di lokasi.

Budi mengatakan, Indonesia berencana mengembangkan kendaraan tersebut sebagai transportasi 
publik. Namun satu hal yang harus diingat ialah menyangkut keamanan. Oleh karena itu, demi mewujudkan mimpi agar kendaraan terbang itu bisa wara-wiri di Indonesia, pemerintah harus mematangkan regulasinya.

Baca Juga:
Manufaktur Alva Cikarang Klaim Bisa Produksi 100 Ribu Unit per Tahun

Executive Chairman Prestige Aviation, Rudy Salim secara detail menjelaskan seputar spesifikasi dan berbagai keunggulan dari kendaraan udara tersebut secara langsung kepada orang nomor satu di Indonesia itu. "Kami yakin Urban Air Mobility adalah masa depan transportasi di Indonesia. Semoga dengan komitmen kami, dapat memajukan dunia transportasi di Indonesia," ujarnya.

Ia juga menyatakan Siap untuk melakukan investasi dan melakukan Uji Terbang di IKN (Ibu Kota Nusantara), seperti EHang yang sudah dicoba dengan penumpang di beberapa negara. Antara lain China, Belanda dan Austria. Selama kegiatan pameran, stand Prestige Aviation kelihatan dipadati pengunjung yang penasaran melihat Autonomous Aerial Vehicle ini. Sebagai informasi, unit EHang 216 yang tampil dalam pameran ini adalah official aircraft milik IMI (Ikatan Motor Indonesia).

Dijelaskan model ini merupakan kendaraan udara yang 100% listrik, sehingga ramah lingkungan. Secara spesifikasi, model ini sudah dilengkapi dengan 16 baling-baling dan 8 lengan yang dapat dilipat. Adapun untuk kemampuan terbangnya mencapai ketinggian 3.000 meter, dapat menempuh perjalanan sejauh 35 kilometer hanya dalam 21 menit dengan beban maksimum 230 kg (2 penumpang). 

Tercatat lebih dari 30.000 penerbangan sukses baik cargo maupun penumpang di berbagai negara seperti Jepang, Korea, Amerika Serikat, Dubai, Qatar, Kanada, Indonesia dan China. Selain itu, model ini  juga dapat digunakan untuk memikat para wisatawan. Memajukan sektor pariwisata seperti di Bali, Lombok dan berbagai destinasi wisata unggulan lainnya.


(uda)