Mobil Terbang

Sah! EHang Kantongi Sertifikat Untuk Angkut Penumpang Pertama di Dunia

Mobil terbang  eHang ini akhirnya mendapat surat resmi untuk beroperasi. PIM
Mobil terbang eHang ini akhirnya mendapat surat resmi untuk beroperasi. PIM

Autogear.id - EHang atau EH216-S sebagai kendaraan udara otonom yang diperkenalkan ke Indonesia oleh Prestige Aviation, telah mendapatkan Sertifikat Tipe (type certificate/TC). Dikeluarkan secara resmi oleh Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (Civil Aviation Administration of China/ CAAC). Dimana prosesi penyerahan sertifikat diadakan di Pusat Konvensi Internasional CAMIC di Beijing, 13 Oktober 2023. 

Desainnya dinilai sepenuhnya sesuai standar keselamatan dan persyaratan kelaikan udara CAAC. Serta memenuhi syarat untuk melakukan operasi komersial UAV untuk pengangkut penumpang. 

Sebagai TC pertama di dunia, untuk pesawat lepas landas dan pendaratan vertikal listrik tak berawak (eVTOL), tak hanya menetapkan tolak ukur untuk sertifikasi kelaikan udara inovatif di Tiongkok dan luar negeri. Melainkan juga sebagai tonggak sejarah untuk operasi UAV (Unmanned Aerial Vehicle/ Kendaraan Udara Tanpa Awak Komersial).

Sejak CAAC resmi menerima aplikasi TC EH216-S pada Januari 2021, tim EHang bekerja sama dengan tim ahli CAAC memvalidasi dan memverifikasi teknologi mutakhir yang inovatif dari kendaraan tersebuy. Setelah lebih dari 1.000 hari melakukan upaya keras, tim mengatasi semua jenis kesulitan dan tantangan untuk menyelesaikan semua tahapan sertifikasi tipe.

Baca Juga:
Seseruan Booth Medcom.id di IMOS+, Ada Safety Riding Challenge Berhadiah Menarik

Huazhi Hu, Pendiri, Ketua, dan CEO EHang, Huazhi Hu mengatakan, mereka mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada CAAC, tim ahli, dan semua karyawan atas dedikasi tak tergoyahkan. "Membuktikan bahwa EHang sepenuhnya mampu merancang, mengembangkan, dan membuat produk eVTOL tak berawak yang matang secara mandiri," ucap Hu.

Dikatakan, EH216-S berdiri sebagai perintis inovasi teknologi dan produk dengan perbedaan yang signifikan dari pesawat konvensional di bidang-bidang utama. Termasuk arsitektur teknis, konfigurasi, kinerja, fungsionalitas, mode operasional, dan lingkungan penerbangan. 

Untuk sertifikasi tipe yang diberikan, CAAC dan EHang menjunjung tinggi prinsip-prinsip penerbangan konvensional, yang telah berusia seabad. Bersama dengan pendekatan yang berpusat pada inovasi, yang melibatkan perumusan dasar sertifikasi khusus, dan sarana kepatuhan yang disesuaikan dengan fitur teknis, untuk melakukan pekerjaan sertifikasi tipe.

Dalam bidang standar sertifikasi kelaikan udara, CAAC mengumpulkan para ahli terkemuka dari otoritas lokal, lembaga penerbangan, dan organisasi penelitian. Kemudian secara resmi menerbitkan Ketentuan Khusus, untuk Sistem UAV EH216-S, pada Februari 2022. 


(uda)