Tips Perawatan Mobil

Bikin Central Lock Awet, Jangan Banting Pintu Mobil!

Jangan membanting pintu mobil dengan keras, salah satu cara ampuh untuk membuat central lock lebih awet. Ig
Jangan membanting pintu mobil dengan keras, salah satu cara ampuh untuk membuat central lock lebih awet. Ig

Autogear.id - Mobil-mobil masa kini memiliki fitur-fitur yang semakin canggih. Untuk kepentingan keamanan dan kenyamanan tentunya. Intip salah satu fitur terkini yang sudah menjadi sesuatu yang lumrah yang terdapat pada mobil jaman sekarang adalah Central Lock.  
 
Diketahui, fungsi central lock adalah merupakan sistem yang dapat mengunci pintu mobil secara bersamaan hanya dari satu tombol. Kendati sebagai fitur terkini yang masuk kategori canggih, namun sistem ini juga bisa mengalami kerusakan.
 
Biasanya indicator central lock rusak ditandai dari pintu tak bisa dikunci, meski tombol lock pada remote telah ditekan. Ada beberapa penyebab kerusakan komponen central lock, yang harus diwaspadi pemilik mobil.

1. Rangkaian Kabel Rusak
Dijelaskan, bahwasanya rangkaian kabel yang terhubung dengan sistem penguncian ini berfungsi mengalirkan arus listrik. Sehingga central lock dapat berfungsi. Bila ada satu masalah atau kerusakan pada kabel, berisiko membuat central lock tidak bekerja dengan baik. Arus listrik yang seharusnya bisa mengalir, jadi terhambat karena ada bagian-bagian kabel yang terputus ataupun longgar.

Baca Juga:
Tampilan Pertamax ADV150 Milik Sang Juragan SPBU

 
2. Kendala pada Modul
Sudah seharusnya, agar central lock dapat berfungsi dengan baik, maka setiap komponen di dalamnya perlu berada dalam kondisi yang baik. Satu komponen saja yang bermasalah dapat membuat central lock tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Dari berbagai komponen central lock, terdapat dua bagian penting yaitu motor atau dinamo dan modul. Modul ini berfungsi untuk meneruskan arus listrik kepada actuator, supaya sistem penguncian dapat bekerja. Jika modul rusak, dipastikan central lock takkan bekerja normal.

3. Dinamo Lemah
Jika rangkaian kabel dan modul dalam kondisi bagus, maka pastikan dinamo atau motornya dalam kondisi sehat. Dinamo dalam central lock berfungsi untuk menggerakkan pengunci agar bisa mengunci atau membukanya.

4. Usia Pakai
Sama seperti komponen lain, central lock juga memiliki usia pakai. Jika sudah terlalu lewat batas, wajar saja kalau central lock tidak berfungsi optimal, bahkan rusak sama sekali.

Baca Juga:
Overlanding Indonesia, Bicara Lebih Tentang Indahnya Ibu Pertiwi

5. Pengunci Berkarat
Karat boleh dibilang menjadi musuh semua perangkat. Begitu pula halnya dengan komponen dalam mobil, perlu berada dalam kondisi baik tanpa ada karat dan kerak menempel. Jika komponen pengunci berkarat maka sudah pasti central lock tidak akan mau bekerja dengan baik.

Secara ringkas, dikutip dari Auto2000, salah satu upaya merawat central lock adalah menutup pintu dengan benar. Jangan membanting atau menutup pintu terlalu keras. Tutuplah pintu mobil dengan kekuatan tenaga biasa, asalkan tertutup rapat dengan sempurna.


(uda)