Pameran Otomotif

Pemda Bandung Pede, Nilai Transaksi GIIAS Bandung Capai Rp1 Triliun

GIIAS Bandung dibuka, pemerintah daerah pede angka transaksi dari pameran ini mencapai Rp1 triliun. DOT
GIIAS Bandung dibuka, pemerintah daerah pede angka transaksi dari pameran ini mencapai Rp1 triliun. DOT

Autogear.id - Dibukanya GAIKINDO Indonesia Auto Show (GIIAS) 2023 yang pertama kalinya di Kota Bandung hari ini, Rabu (22/11/2023) menjadi momentum untuk membangkitkan kembali pasar otomotif di wilayah ini. Event yang direncanakan selama lima hari mulai 22 hingga 26 November 2023 di Sudirman Grand Ballroom itu dianggap bakal menuai hasil memuaskan.

Dibuka langsung oleh Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Taufiek Bawazier, Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi dan juga perwakilan dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dedi Taufik menegaskan soal bagaimana mereka mengalokasikan GIIAS Bandung lantaran melihat pasar dan sejarah yang kuat di wilayah ini.

Dalam sambutannya, Yohannes Nangoi menegaskan bahwa Jawa Barat terus dapat didorong dan dimaksimalkan di sektor otomotifnya. Sehingga hasil positif tersebut juga akan berkontribusi terhadap pertumbuhan industri otomotif Indonesia. 

"Menjadi misi GAIKINDO, lewat penyelenggaraan GIIAS untuk menunjukkan perkembangan industri otomotif Indonesia, memberikan edukasi yang tepat untuk masyarakat, sekaligus menjadi dorongan untuk pertumbuhannya. Dengan kehadiran GIIAS di Jawa Barat, diharapkan edukasi tentang perkembangan teknologi kendaraan bermotor dapat disampaikan kepada masyarakat secara merata," papar Yohannes Nangoi di momentum pembukaan GIIAS Bandung pada Rabu (22/11/2023). 

Baca Juga:
GIIAS Bandung Siapkan Shuttle Bus dan Kantong Parkir Alternatif

Komitmen ini pun disambut dengan baik oleh perwakilan pemerintah Kota Bandung, Kepala Bapenda Jawa Barat, Dedi Taufik bahwa mereka punya strategi sendiri untuk membuat respon pasar di Jawa Barat jadi lebih baik bersamaan penyelenggaraan GIIAS 2023. Salah satunya dengan memberikan insentif terhadap pembelian kendaraan, sehingga mereka berani pasang angka besar sekitar Rp1 triliun nilai transaksinya. 

"Kami sudah melakukan sosialisasi GIIAS Bandung untuk mendukung penuh pelaksanaan event ini. Mulai dari pra penyelenggaraannya hingga masuk momentum pembukaannya hari ini. Kami berharap transaksi yang akan terjadi selama penyelenggaraannya pameran ini mencapai Rp1 triliun. Lantaran gaungnya ini juga sudah ke mana-mana. Untuk membuat itu terjadi, Kami di Pemda memberikan insentif berupa diskon pajak sebesar 10 persen," ujar Dedi Taufik. 

Terdapat total 18 merek kendaraan bermotor dari berbagai lini industri akan berpartisipasi pada ajang GIIAS Bandung 2023, diantaranya 15 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Seres, Suzuki, Toyota, Volkswagen dan Wuling. 3 merek sepeda motor, yakni Benelli, Keeway dan Royal Enfield. 

Selain kendaraan roda empat dan roda dua, tentu juga berbagai lini industri pendukung otomotif lainnya akan turut meramaikan serta mendorong perkembangan industri otomotif terbaru untuk masyarakat Jawa Barat. Kemudian ada juga berbagai program yang dapat dinikmati para pengunjung, mulai dari area aktivitas dipanggung outdoor yang akan menyajikan berbagai program acara menarik seperti festival musik, community gathering, fun games dan kuis interaktif akan disajikan pada area Auto Show Music Lounge yang akan berlangsung pada 22 hingga 24 November 2023.

Baca Juga:
Perdana di Bandung, Event Yamaha Bareng Shell Ini Digeruduk Bikers

Selain keseruan di area stage outdoor, GIIAS Bandung juga memberikan fasilitas untuk memudahkan pengunjung datang. Fasilitas yang disediakan yakni terdapat area parkir alternatif di 3 titik yaitu Gedung Tekmira, Hotel Geowisata Inn, dan Festival Citylink Mall. Untuk pengunjung yang parkir di Festival Citylink Mall, GIIAS Bandung juga telah menyediakan Shuttle Bus Gratis menuju area pameran GIIAS Bandung.

GIIAS Bandung hadir mulai Rabu hingga Minggu, 22 hingga 26 November dengan jam buka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB untuk weekdays (Rabu-Jumat) dan 10.00 – 21.00 WIB untuk weekend (Sabtu-Minggu) di Sudirman Grand Ballroom, Bandung.

Untuk dapat melihat berbagai kendaraan terbaru dengan teknologi terkini dari para peserta GIIAS Bandung, masyarakat tentu sebaiknya sudah memiliki tiket masuk sebelum memasuki area pameran. Tiket masuk GIIAS Bandung dapat dibeli secara online melalui aplikasi Auto360 dengan harga tiket masuk pada hari kerja (Rabu-Jumat) sebesar Rp15.000 dan pada hari libur (Sabtu-Minggu) sebesar Rp25.000. Sedangkan untuk pembelian secara onsite di area pameran pada hari kerja (Rabu-Jumat) sebesar Rp20.000 dan pada hari libur (Sabtu-Minggu) sebesar Rp30.000.


(uda)