Apa Latar Belakang Valentino Rossi Pensiun?

Valentino Rossi memutuskan pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2021 (Foto: IG Valentino Rossi)
Valentino Rossi memutuskan pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2021 (Foto: IG Valentino Rossi)

Autogear.id - Valentino Rossi mengambil keputusan berbeda dengan Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow. Jika dua nama terakhir mengonfirmasi bakal kembali ke pentas MotoGP, Rossi justru sebaliknya. Valentino Rossi memutuskan pensiun dari MotoGP pada akhir musim ini.
 
The Doctor menyampaikan pensiun dalam gelaran konferensi pers yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Kamis (5/8) malam. Tentu kabar ini bikin banyak orang, khususnya fans VR46 di seluruh dunia terperanjat.

Walaupun diakui pembalap berusia 42 tahun ini, keputusan pensiun dari ajang yang telah sangat berperan membesarkan namanya bukanlah perkara mudah. Apalagi dirinya telah melakoni perjalanan panjang yang menyenangkan di arena balap motor.

"Ketika saya putuskan untuk berhenti pada akhir musim ini, sungguh momen yang sangat menyedihkan, tak mudah untuk mengetahui saya takkan membalap di MotoGP lagi tahun depan," kata Rossi.

Ada sejumlah besar anggapan, kalau keputusan pensiun diambil Rossi, seiring performa balapnya yang kian menurun, sulit bersaing dengan rider-rider muda. Sejak MotoGP 2017, taji mantan pembalap Ducati itu mulai terkikis. Musim 2017, ia hanya bisa finis di urutan kelima.

Memang performa Vale sempat kembali meningkat pada MotoGP musim 2018, sebagai peringkat ketiga klasemen. Tetapi masuk musim balap 2019, prestasi The Doctor kembali meredup, dengan finis di urutan ketujuh pada klasemen akhir.

Waktu terus berjalan, performa Rossi kian anjlok ketika ia harus puas finis di urutan ke-15 selama MotoGP 2020. Diperparah dengan kondisinya yang sama sekali belum pernah naik podium sejak MotoGP Belanda 2017.

Keadaan seperti itu pada akhirnya banyak yang menyarankan Rossi pensiun. Sejak itulah, rumor Rossi bakal pensiun dari MotoGP semakin berembus kencang. Namun, buka Rossi namanya kalau ia menyerah begitu saja.

Juara dunia sembilan kali itu ternyata masih punya modal pede. Merasa kalau dirinya masih bertaring untuk bersaing di MotoGP. Meskipun diwarnai keputusan Rossi pindah dari tim Monster Energy Yamaha, ke tim satelit Petronas Yamaha di MotoGP 2021.

Sayangnya, Dewi Fortuna masih belum berpihak pada pembalap gaek ini. Bersama tim Petronas Yamaha, pemilik akun Instagram valeyellow46 ini masih tak kunjung mampu mengembalikan capaian di masa-masa keemasannya.

Hingga paruh musim MotoGP 2021, pembalap yang lumayan sering ke Indonesia ini makin terpuruk di urutan ke-19 klasemen pembalap. Mengoleksi hanya 17 poin dari sembilan balapan MotoGP 2021. Kini Rossi terpaut 139 poin dari pemuncak klasemen, Fabio Quartararo.

Malah pada balapan terakhir di Belanda, Rossi tampil buruk. Start dari posisi 12, terpuruk hingga finis di posisi ke-21. Ketidakmampuannya beraksi secara kompetitif, akhirnya mendorong Rossi untuk pensiun bertambah kuat.

Mengingat harus menelurkan keputusan sulit, selama jeda paruh musim, Rossi pun minta waktu untuk memikirkan secara matang terkait masa depannya. Banyak rumor terkait masa depan Rossi kala itu, mulai dari pensiun hingga pindah ke tim baru musim depan.

Sempat juga dikabarkan akan menjadi rekan setim sang adik, Luca Marini, di tim MotoGP miliknya, Aramco VR46. Rossi akan mulai terjun di musim 2022. Bahkan pihak Saudi (Aramco) sendiri yang meminta Rossi untuk tetap balapan musim depan. Hingga akhirnya keputusan terjawab, Valentino Rossi pensiun...


(acf)