Tips Perawatan Motor

Ternyata Ini Alasan Kuat Mengapa Motor Sport Wajib Pakai Oli Encer

Memilih pelumas untuk tipe motor sport, butuh spesifikasi SAE yang lebih encer lantaran kerapatan komponen di motor itu lebih presisi. PTPL
Memilih pelumas untuk tipe motor sport, butuh spesifikasi SAE yang lebih encer lantaran kerapatan komponen di motor itu lebih presisi. PTPL

Autogear.id - Pelumas untuk mesin motor sport diklaim diklaim wajib pakai pelumas yang lebih encer. Tentu ini menjadi pertanyaan tersendiri, mengapa SAE-nya harus yang encer? Diklaim oleh Pertamina Lubricants, perkembangan teknologi khususnya pada mesin sepeda motor, semakin maju. Bukan semata membuat dimensinya lebih ringkas dan ringan. Komponen di dalamnya pun dirancang lebih rapat.

Apalagi sepeda motor keluaran terbaru, di mana bagian piston dan dinding silinder dibuat lebih rapat. Tujuannya adalah mengoptimalkan kompresi pada ruang bakar. Selain itu, kerapatan juga dibuat untuk mencegah bahan bakar menyusup atau blow by ke sistem pelumasan. 

"Karena jarak yang lebih rapat tadi, mesin-mesin motor sekarang membutuhkan viscosity pelumas yang encer. Dengan begitu, setiap komponen di dalam mesin dapat terlumasi dengan baik. Terlebih lagi untuk motor sport yang menuntut mesin bekerja lebih keras dan cepat," kata Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL). 

Pertanyaannya, oli seperti apa yang dikategorikan punya viskositas atau tingkat kekentalan rendah alias encer? Kadar oli SAE 10W-40 tentu saja berbeda dengan oli berspesifikasi SAE 5W-30. Melihat perbandingannya, pelumas kedua yaitu 5W-30 jelas punya viskositas lebih encer. 

Baca Juga:
Spidometer Rentan Tergores? Nih V-Kool PPF Punya Solusinya!

Kenyataannya, kebutuhan oli demikan dibutuhkan oleh motor-motor terbaru seperti untuk sepeda motor jenis sport bermesin 250 cc ke atas. Faktanya pula, pelumas demikian pun ditawarkan oleh PT. Pertamina Lubricants melalui Pertamina Enduro 4T Sport. 

Selain SAE 5W-30, pelumas buatan anak bangsa ini juga diramu bagi pemburu akselerasi dan tenaga maksimal. Untuk diketahui, produk ini menggunakan base oil full synthetic dan sudah memenuhi standardisasi JASO MA2 dan API SL. 

"Penggunaan oli Pertamina Enduro 4T Sport dapat meningkatkan akselerasi dan power motor secara maksimal. Selain itu, oli ini memberikan perlindungan terhadap mesin yang sangat baik," ungkap Brahma lagi.

Sebagaimana pula diterangkan melalui situs resmi Pertamina Lubricants, oli Enduro 4T Sport direkomendasikan dan cocok untuk semua jenis motor sport baik itu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Ducati hingga KTM. Oli dengan kemasan isi 1 liter ini dijual dengan harga Rp 185.000 (HET). Banderol tersebut masih sangat kompetitif dibanding rival sekelasnya.


(uda)