Tips Perawatan Mobil

Begini Cara Cuci Mobil di Rumah yang Efektif dan Dijamin Kinclong

Begini cara mencuci kendaraan di rumah agar lebih efektif dan dijamin hasilnya kinclong. IG
Begini cara mencuci kendaraan di rumah agar lebih efektif dan dijamin hasilnya kinclong. IG


Autogear.id – Umumnya, pemilik mobil setelah memakai kendaraannya untuk mudik Lebaran, yang diperiksa lebih dulu adalah seputar mesin dan komponen mekanis. Hal tersebut lumrah, untuk mengecek performa kendaraan kesayangan.

Namun sebenarnya ada hal lain yang sederhana namun tak kalah pentingnya, yaitu membersihkan mobil. Tak dipungkiri, kondisi cuaca tak menentu sepanjang perjalanan, bikin bodi mobil kotor oleh debu, cipratan air hujan, dan lainnya. Belum lagi bila melongok kabin mobil, kotor oleh sisa-sisa makanan, minuman, dan kemungkinan masuknya kotoran yang terbawa alas kaki. 

Bila tidak segera dibersihkan, khawatir noda pada bodi akan sulit dihilangkan, bahkan bisa menyebabkan karatan. Begitupula kotoran dari sisa-sisa makanan, bisa mengundang semut, serangga, malah mungkin tikus menyelinap lewat rongga-rongga kecil di lantai mobil.

“Mudik Lebaran acapkali meninggalkan jejak, berupa kotoran mengganggu. Membuat mobil tampak kusam dan tak nyaman dikendarai. Maka lakukan pembersihan yang efektif, supaya kembali bersih, sedap dipandang dan nyaman digunakan,” ucap Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, Jumat (13/5/2022). 

Baca Juga:
Peluang Mir Gabung ke Repsol Honda, Tinggal Nunggu Pengumuman Resmi?

Mencuci mobil tidak melulu selalu dibawa ke tukang steam mobil. Boleh mencuci sendiri, dengan sebelumnya mempersiapkan beberapa hal. Seperti air bertekanan, kain chamois, kain mikrofiber, sampo mobil, ember, cairan pembersih dan bahan perawatan mobil.

Pastikan seluruh alat yang digunakan dalam kondisi baik, sehingga tidak merusak permukaan cat mobil atau panel interior. Jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung. Usahakan lakukan di pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu dingin atau panas. Keluarkan seluruh barang pribadi dari dalam mobil, agar memudahkan proses pembersihan. 

Walaupun kesannya simpel, namun mencuci mobil juga ada tekniknya. Misalnya ketika mencuci bodi mobil, diawali dengan menyemprotkan air bertekanan dari kolong mobil dan ban, untuk merontokkan kotoran yang menempel, terutama sisa air hujan. Pastikan kolong mobil bersih untuk menghindari karatan. Selanjutnya beralih ke bodi mobil, dimulai dari bagian atap, supaya kotoran bergerak turun dengan baik.  

Gunakan sampo mobil untuk mencuci bodi, dan bilas untuk meluruhkan kotoran. Gunakan kain mikrofiber, untuk mengeringkan sisa air. Lap secara merata, dan pastikan mobil kering sempurna, supaya tidak timbul water spot atau jamur di bodi dan kaca mobil. 

Baca Juga:
Tak Hanya di MotoGP, Suzuki Berhenti Balapan di Semua Kategori

Lakukan pemeriksaan pada bagian berpotensi menyimpan air. Seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil. Ketika beranjak ke ruang mesin, sebaiknya tidak membersihkannya dengan air bertekanan tinggi. Cukup pakai lap atau mikrofiber basah, untuk mengangkat kotoran di ruang mesin.  

Sewaktu pemilik mulai membersihkan kabin, sama seperti eksterior dan ruang mesin, ada teknik tersendiri. Diawali dengan mengeluarkan seluruh karpet mobil, dicuci gunakan sabun pembersih. Pastikan karpet kering sempurna, dengan menjemur di tempat panas matahari langsung, sehingga tidak lembab dan bau. Pakai vacum cleaner untuk membersihkan seluruh bagian dalam mobil. 

Sedangkan bagian jok berlapis kulit sintetis, cukup dilap bermodalkan air hangat atau interior cleaner dan kain chamois. Dapat pula dimanfaatkan untuk membersihkan noda membandel dan lap dengan kain mikrofiber. Bersihkan pula panel kabin mobil yang sering dipegang seperti setir, tuas transmisi, dan panel pintu untuk hilangkan kotoran. 

Setelah eksterior, interior dan ruang mesin dibersihkan, jangan lupa bagian bagasi mobil. Keluarkan karpet bagasi, cuci dengan sabun, serta pastikan kering supaya tidak lembab dan bau. Pakai vacum cleaner untuk membersihkan segala sudut dan celah bagasi. Perhatikan pula tempat penyimpanan ban serep dan velg. 

“Namun bila pemilik mobil tidak cukup waktu untuk mencuci mobil sendiri, silahkan datang ke bengkel Auto2000. Mobil akan dicuci, sekaligus mendapat layanan salon mobil yang kami sediakan,” terang Nur Imansyah Tara.


(uda)