Pameran Otomotif JAW

GAIKINDO Berharap Jakarta Auto Week, Pecut Pasar Mobil 2023

GAIKINDO Jakarta Auto Week diprediksi bakal jadi pelecut penjualan kendaraan bermotor di awal 2023. AG-Uda
GAIKINDO Jakarta Auto Week diprediksi bakal jadi pelecut penjualan kendaraan bermotor di awal 2023. AG-Uda

Autogear.id - Pameran otomotif GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 tahun ini adalah tahun kedua pelaksanaannya. Berdasarkan arahan Kementerian Perindustrian, pameran ini bakal berlangsung pada 10-19 Maret 2023. Pameran ini diplot sebagai sebuah motor penggerak bagi industri otomotif Indonesia untuk terus berkembang, dan mendongkrak angka penjualan industri otomotif Indonesia.

Tahun lalu GAIKINDO pasang target di bawah angka satu juta mobil yang akan terjual. Faktanya cukup mengagetkan lantaran penjualan mobil justru sanggup menembus angka di atas satu juta kendaraan. Fakta ini yang membuat GAIKINDO kian optimis menjalankan pameran otomotif tahun ini.

Menurut Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, GJAW sejak awal ditujukan untuk memamerkan perkembangan industri Indonesia membangun permintaan konsumen, dan menciptakan pasar yang kuat. “GAIKINDO ingin terus menyambung momentum positif yang dicapai industri otomotif Indonesia pada tahun 2022 lalu, oleh karena itu GJAW diselenggarakan diawal tahun, sebagai dorongan agar industri otomotif Indonesia dapat mempertahankan angka penjualannya ditahun ini,” ujarnya. 

Ia juga menjelaskan mempertahankan pencapaian angka penjualan yang baik adalah kunci menarik investasi sektor  otomotif. Pada 2022 lalu industri otomotif mencatat penjualan mencapai 1.048.040 unit. Pameran tahun ini akan hadir lebih lama, yaitu sepuluh hari para pengunjung akan diberikan lebih banyak kesempatan untuk mengeksplorasi identitas baru pameran GJAW x Lifestyle. 

Baca Juga:
Tak Juara Dunia Sejak 2020, Gaji Marc Marquez Masih Tertinggi?

Sebuah konsep yang diusung untuk menghadirkan perpaduan dan keselarasan industri otomotif dan dunia lifestyle. Dimana perkembangan teknologi, fitur dan desain kendaraan dari industri otomotif tidak lepas dari perkembangan gaya hidup masyarakat. Inovasi otomotif yang ramah lingkungan, mempermudah, memberi kenyamanan, keamanan mobilitas masyarakat, merupakan gaya hidup kaum urban saat ini. Selain itu, GJAW juga akan menjadi ajang paling tepat bagi para pengunjung untuk bertransaksi, karena para peserta akan mempersiapkan berbagai penawaran dan promo bagi seluruh pengunjung GJAW 2023.

Kolaborasi Otomotif dan Lifestyle
GJAW x Lifestyle akan jadi payung besar yang menaungi kolaborasi industri otomotif dan lifestyle yang akan berlangsung sepanjang pameran. Otomotif yang merupakan hobi telah berkembang menjadi gaya hidup, dan pada GJAW akan dilengkapi dengan kehadiran segmen lifestyle lainnya, fashion, entertainment, food & beverage.

GJAW x Lifestyle 2023 akan fokus pada kendaraan terbaru dan juga promo yang dihadirkan oleh puluhan merek otomotif ternama anggota GAIKINDO dari industri otomotif Indonesia, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling. Harley Davidson serta merek-merek dari industri pendukung otomotif lainnya juga akan membawa produk unggulan dengan penawaran terbaik.

Mewakili segmen dari dunia lifestyle, GJAW akan berkolaborasi dengan Jakarta Concert Week, yang akan melangsungkan konser dari puluhan artis nasional selama sepuluh hari, bersamaan dengan berlangsungnya pameran. Selain itu segmen fashion, entertainment, food & beverage juga akan menghadirkan berbagai brand-brand ternama dengan program dan aktivitas menarik untuk para pengunjung. 

Baca Juga:
Fastron Pastikan Dukung Para 'Elite' Unjuk Gigi

Penyelenggaraan pameran GJAW x Lifestyle akan menggunakan seluruh area Jakarta Convention Center (JCC), dimana pameran GJAW 2023 akan meliputi area Hall A, B, Cendrawasih, Main Lobby, dan juga Assembly Hall. Kemudian, area Jakarta Concert Week akan berada di area Plenary Hall, sedang fashion dan food & beverage akan berada di area pre-function hall A dan pre-function hall B.

Lantaran seluruh segmen area dilaksanakan secara bersamaan di bawah payung GJAW x Lifestyle, maka para pengunjung dapat menikmati area pameran, dan fashion, entertainment, food & beverage dengan satu tiket masuk, dan para penonton Jakarta Concert Week secara otomatis juga dapat menikmati seluruh area GJAW x Lifestyle 2023.

Ketua III GAIKINDO, Rizwan Alamsjah sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO, mengungkapkan bahwa industri otomotif dan lifestyle akan menampilkan kejutan di GJAW x Lifestyle 2023. “Pada pelaksanaan GJAW tahun ini, baik industri otomotif maupun lifestyle akan menghadirkan inovasi baru yang belum ditampilkan sebelumnya, harapannya tentu kolaborasi ini akan memberikan experience baru untuk para pengunjung,” ungkapnya. 

Ia juga menambahkan bahwa para pengunjung GJAW x Lifestyle 2023 akan dapat menikmati pameran tren dan hobi dalam satu waktu dan tempat, menikmati inovasi dari industri otomotif, sekaligus suguhan dari dunia lifestyle dan entertainment. Berlangsung pada tanggal 10 - 19 Maret 2023 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat. JAW 2023 akan dibuka mulai pukul 11.00-22.00 WIB untuk weekdays dan pukul 10.00-22.00 untuk weekend.


(uda)