Formula 1 Australia 2023

Verstappen Amankan Posisi Pole di F1 Australia

Max Verstappen raih posisi start terdepan di sesi kualifikasi F1 Australia. 2023. RedBull CP
Max Verstappen raih posisi start terdepan di sesi kualifikasi F1 Australia. 2023. RedBull CP

Autogear.id - Max Verstappen mengamankan posisi pole di sesi kualifikasi Formula 1 Australia 2023 yang berlangsung di Sirkuit Albert Park pada Sabtu (1/4/2023) dengan performa yang sangat meyakinkan. Meski Ia melakukan beberapa kesalahan di Q1 dan Q2, namun di sesi Q3 Ia sanggup memperbaiki lap tercepat dan menembus 1 menit 16 menit pertama kali.

Pembalap asal Belanda itu mengaku sangat senang karena Ia sanggup mencetak hasil terbaik di sesi kualifikasi ini. Mengingat di Sirkuit Albert Park, kondisi cuaca dan sirkuit kadang cepat berubah dan membuat pembalap dan tim kesulitan menentukan pemilihan kompon ban dan juga strategi apik untuk meraih hasil terbaik di sesi kualifikasi.

"Kondisi di Albert Park pada pelaksanaan balapan setiap tahun tak selalu baik dan bersahabat dengan Kami, namun kali ini semuanya berjalan dengan baik dan mobil Saya sanggup mencetak lap tercepat yang cukup signifikan," ujar Verstappen usai menjalani sesi kualifikasi dan meraih posisi tercepat pertama.

Baca Juga:
Punya BMW Klasik? BMW Indonesia Siapkan Bengkel Khususnya

Bagian yang menarik adalah pertarungan merebut posisi start kedua. Beberapa pembalap saling geser waktu tercepat termasuk Fernando Alonso yang sempat berada di urutan tercepat kedua, kemudian tergeser oleh Lewis Hamilton dan akhirnya tergeser lagi oleh George Russel. Hasil ini sekaligus menjadi bukti bahwa tim Mercedes GP mulai bisa mengimbangi permainan yang dikuasai oleh tim Red Bull Racing selama ini.

"Posisi kedua yang Saya raih kali ini sebenarnya tidak terduga, karena Kami sanggup melakukan yang terbaik di sesi kualifikasi. Meski pada dasarnya mobil ini belum maksimal dari sisi performa, namun ada harapan besar untuk bisa meraih posisi start terdepan. Semoga pada balapan besok hasil yang Kami raih bisa lebih baik," ujar Russel.

Sementara Lewis Hamilton dan Fernando Alonso yang berada satu lini garis start yaitu di lini kedua, berharap ada pertarungan yang seru pada sesi balapan. Hamilton malah berharap besar Ia bisa langsung kompetitif di awal balapan dan mengambil alih pimpinan balapan saat balapan berlangsung.

Hasil Kualifikasi F1 Australia 2023:
1. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing, 1 menit 16,732 detik
2. George Russel, ING, Mercedes GP, 1 menit 16,968 detik
3. Lewis Hamilton, ING, Mercedes GP, 1 menit 17,104 detik  


(uda)