Tips Perawatan Mobil

Usai Liburan Mobil Malah Boros? Coba Cek ini!

Tips melakukan perawatan kendaraan usai melakukan perjalanan libur akhir tahun. A2
Tips melakukan perawatan kendaraan usai melakukan perjalanan libur akhir tahun. A2

Autogear.id – Musim libur akhir tahun, mulai usai. Meski masih banyak juga yang justru merayakan liburannya baru di awal tahun. Namun bagi Anda yang sudah mengakhiri liburan dan hendak berkendara kembali ke kota masing-masing, perlu memeriksa kondisi mobilnya lagi. Tentunya ini penting sebelum digunakan kembali untuk mobilitas sehari-hari. 

Fungsinya selain untuk memastikan kondisinya tetap fit, juga untuk menghindari masalah-masalah dadakan yang terjadi saat Anda menggunakannya sehari-hari. Untuk memastikan agar tetap prima, bahkan penggunaan BBM bisa lebih efisien, Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara memberikan gambaran apa saja yang penting untuk diperiksa usai melakukan perjalanan. 

“Setelah libur tahun baru bersama keluarga, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan komponen mobil supaya terjaga kondisinya dan siap kembali beraktivitas. Bagi Anda yang ingin memeriksakan ke bengkel, agar memanfaatkan fitur booking via Auto2000 Digiroom dan manfaatkan raga program yang ada di sana,” terang Nur Imansyah melalui pernyataan resminya pada Senin (2/1/2023).

Lebih lengkapnya, Nur Imansyah pun memberikan perhatian pada beberapa komponen di bawah ini untuk dilakukan pengecekan:
1. Periksa Ban Mobil
Ban mobil harus siap menerima berbagai kondisi jalan yang dilewati ketika libur tahun baru, selain mobil pasti diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan. Oleh sebab itu, wajib periksa tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrikan. Perhatikan kondisi telapak dan dinding ban, serta bibir pelek mobil. Periksa ban cadangan, lakukan spooring dan balancing untuk menjaga kondisinya.

Baca Juga:
Carlos Sainz Langsung Gaspol di Etape Awal Dakar

2. Cek Oli Mesin
Dibutuhkan pelumas yang sanggup melindungi mesin dari gesekan antar komponen sehingga mesin dapat bekerja optimal. Cek kondisi oli mesin karena sudah kerja keras, pastikan volumenya sesuai takaran dan tambah kalau kurang. Perhatikan juga warnanya, jangan sampai berubah menjadi keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air. Segera bawa mobil ke bengkel untuk pengecekan kalau ditemukan hal mencurigakan.

3. Waspada Kaki-kaki Mobil
Perhatikan shock absorber dari kebocoran, dan karet-karet penyangga di sekitarnya dari potensi getas atau robek. Cek kondisi selang rem untuk mencegah kebocoran. Lihat kondisi kampas rem cakram, sedangkan rem tromol cermati kebocoran dengan memperhatikan dinding teromol rem. Periksa bagian lain di kolong mobil untuk memastikan tidak ada masalah.

4. Kondisi Mesin Wajib Prima
Bersihkan mesin dengan kain lap basah supaya terlihat jika ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Posisikan kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen apakah ada masalah. Jika tidak ada, bisa melanjutkan dengan menyalakan mesin. Dengarkan bila ada suara aneh terdeteksi. Jika sampai ada masalah, cara terbaik untuk mengecek dan memperbaiki adalah dengan membawa mobil ke bengkel resmi.

5. Inspeksi Cairan Mobil
Komponen bergerak pada mobil banyak yang tergantung kepada cairan. Start dari mengecek cairan radiator bersama tabung cadangan air radiator. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan cairan rem dan pembersih kaca depan. Periksa volume tabung fluida kopling untuk mobil transmisi manual. Cek ketinggian air aki, lanjut bersihkan permukaan tutup pengisi dan terminal aki. Lanjut cek volume minyak power steering hidrolis dan pastikan freon AC tidak kurang.

Baca Juga:
Awas Penyakit Ini Bisa Ganggu Konsentrasi Berkendara

6. Bersihkan Kabin dan Bagasi Mobil
Pastikan seluruh bagian mobil dicuci bersih, mulai dari bodi, kolong mobil, ruang mesin, hingga kabin dan bagasi. Kabin dan bagasi harus diberi perhatian lebih mengingat dipakai sebagai tempat duduk penumpang dan menyimpan barang. Pastikan tidak ada kotoran tersisa untuk menjaga kebersihannya. Anda juga bisa menyemprotkan bahan disinfektan untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman.


(uda)