Tips Perawatan Mobil

Uji Emisi Bikin Irit Konsumsi BBM? Ini Penjelasan RIlnya

Uji emisi kendaraan wajib dilakukan jika ingin mobil Anda tetap irit konsumsi BBM? Fakta atau mitos belaka? Auto2000
Uji emisi kendaraan wajib dilakukan jika ingin mobil Anda tetap irit konsumsi BBM? Fakta atau mitos belaka? Auto2000

Autogear.id – Mobil yang irit bensin menjadi favorit para pengguna kendaraan karena dapat meringankan biaya operasional. Banyak orang yang rela melakukan modifikasi pada kendaraan untuk menekan konsumsi bahan bakar. Padahal, langkah ini bisa berpotensi membut komponen mobil khususnya mesin mengalami gangguan, menurunkan daya tahan kendaraan, dan risiko hilangnya garansi mobil.

Melihat fakta tersebut, sebenarnya ada cara yang lebih aman dalam membantu mengefisiensi konsumsi bahan bakar. Namun sebelumnya, pastikan Anda sudah menerapkan prinsip mengemudi eco driving. Karena apapun upaya yang dijalankan tidak akan membuahkan hasil optimal, bila gaya berkendara di jalan masih tak terkontrol dan agresif.

Uji Emisi Gas Buang jadi Solusi Hemat BBM?
Langkah sederhana yang Anda dapat jalankan adalah uji emisi gas buang kendaraan. Uji emisi adalah proses pengujian kandungan gas buang kendaraan bermotor yang dihasilkan saat mesin menyala. Tujuan uji emisi di antaranya untuk mengukur sejauh mana kinerja dan tingkat efisiensi bahan bakar mobil Anda. Semakin efisien mesin tentu akan mengurangi konsumsi BBM.

Uji emisi gas buang mobil merupakan bagian dari prosedur standar servis berkala di bengkel resmi Anda seperti Auto2000 untuk para pemilik Toyota. Teknisi mereka dapat mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan mobil berdasarkan hasil uji emisi. 

Baca Juga:
Kymco Like ABS 150i New Vintage Meluncur, Harga Rp35 Jutaan

“Pastikan uji emisi menjadi bagian dari gaya hidup untuk menjaga performa mesin, hemat bahan bakar, dan menekan biaya operasional. Lebih dari itu, hal ini bisa berkontribusi menjaga kebersihan lingkungan karena emisi gas buang selalu berada di bawah ambang batas yang ditetapkan,” ulas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Senin (20/6/2022).

Jika kandungan gas buang yang dihasilkan melebihi ambang batas yang ditetapkan, data tersebut merupakan indikator adanya komponen mesin yang bermasalah dan harus diperiksa untuk dicarikan solusinya, seperti mengatur setelan mesin atau mengganti komponen dengan yang baru.

Meskipun tidak ada kerusakan, tahapan uji emisi memastikan mesin selalu dalam kondisi prima guna mencapai tingkat efisiensi terbaik. Uji emisi bisa mengetahui apakah kandungan udara dan bahan bakar yang dimanfaatkan sudah sesuai, dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin agar dapat bekerja optimal. Dengan mengetahui kinerja terbaik mesin, akan didapatkan efisiensi bahan bakar yang tinggi dan menguntungkan lantaran mesin tidak haus bensin.

Pastikan Bengkel Anda Punya Fasilitas Uji Emisi
Tidak semua bengkel resmi dilengkapi dengan fasilitas uji emisi kendaraan. Namun di bengkel ternama seperti Auto2000, fasilitas ini sudah disiapkan sejak lama. Bahkan tidak memungut biaya untuk melakukan uji emisi. 

Baca Juga:
Tiga Cara Bikin Kaca Helm Punya Efek Daun Talas

Tapi, jika Anda ingin melakukannya secara mandiri tanpa servis berkala, ada biaya sebesar Rp162.000 termasuk PPN, di luar biaya jasa dan spare parts jika tidak lulus uji emisi karena terindikasi ada kerusakan pada komponen mesin. Silakan datang ke bengkel Auto2000 atau order via Auto2000 Digiroom untuk pelaksanaannya.


(uda)