Tips PErawatan Mobil

Menjaga Kilau Kendaraan, Penting Dilakukan Perawatan

Merawat cat pada kendaraan jadi hal penting jika ingin mobil Anda tetap berkilau. AG - Uda
Merawat cat pada kendaraan jadi hal penting jika ingin mobil Anda tetap berkilau. AG - Uda

Autogear.id - Sejatinya, kilau cat pada bagian eksterior dapat bertahan lebih lama jika Anda dapat  meluangkan waktu guna memperhatikan kondisi pada bagian eksterior mobil. Terkadang hal-hal sepele sering kita lupakan, namun dapat mempengaruhi usia cat. Berikut beberapa poin yang bisa Anda perhatikan untuk menjaga kilau cat kendaraan kesayangan.

Menurut CEO dan Founder Scuto Indonesia, Sugiarto Ongko dalam pernyataan resminya, bahwa cat kendaraan itu harus dirawat agar kilaunya tetap keluar. Bahkan ketika bodi kendaraan usai dilakukan pelapisan menggunakan coating, pun tetap harus dilakukan perawatan.

"Coating itu memang jadi salah satu cara untuk membuat warna asli kendaraan lebih mengkilap. Tapi ketika lapisan coating selalu dijemur dan rentan kena hujan, maka kita tidak bisa bilang deposit yang menutup permukaan coating itu akan hilang dengan sendirinya. Makanya setiap enam bulan kita harus melakukan perawatan kembali. Tujuannya agar semua deposit yang ada di permukaan coating hilang kembali," ujar Sugianto Ongko kepada Autogear.id dalam sesi obrolan khusus beberapa waktu lalu.  ?

Selain memberikan tips tentang perawatan kendaraan terutama bagian coating di cat kendaraan, Sugianto juga memberikan ragam tips agar cat tetap berkilau. ?
1. Hindari Parkir dibawah Terik Matahari Langsung ?Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang mampu merusak lapisan coating dalam jangka waktu lama. Jika memang harus parkir dibawah terik sinar matahari, sebaiknya gunakan wax untuk melindungi cat mobil dari sengatan UV. 

Baca Juga:
Antisipasi Kebocoran BBM, Ini Cara Kerja Command Center Pertamina

Fungsi wax ini bisa dikatakan seperti sun block untuk melindungi kulit. Wax melapisi cat agar sinar UV tak langsung bersentuhan dengan coating cat, sehingga cat kendaraan Anda tak lekas kusam.??

2. Lekas Bilas jika Terkena Air Hujan?Air hujan dapat membuat cat lebih cepat kusam, lantaran terdapat kotoran dan jamur yang menempel pada cat. Selain itu, air hujan juga dikhawatirkan mengandung senyawa asam yang mampu bereaksi pada permukaan cat dalam jangka waktu lama. Jadi disarankan secepat mungkin permukaan mobil dicuci hingga bersih setelah tersiram air hujan.

??3. Perhatikan Poin Penting Ketika Mencuci Mobil ?Mencuci mobil pun sebaiknya dengan cara yang benar. Pada saat mencuci mobil, sebaiknya gunakan searah. Karena umumnya pemilik mobil memiliki kebiasaan mencuci mobil dengan gerakan memutar, hal ini dapat menimbulkan squirl atau goresan yang mirip sarang laba-laba. Terakhir hindari mencuci mobil dibawah terik matahari langsung serta sebelum mencuci mobil pastikan suhu mobil dalam keadaan normal.  ??

4. Gunakan Lap Jenis Microfiber?Ada baiknya hindari lap chamois atau lap jenis karet ketika membersihkan kotoran pada bodi kendaraan. Lap model tersebut tidak didesain untuk menyapu kotoran dan dikhawatirkan dapat menimbulkan baret halus. Gunakan lap microfiber karena memiliki daya serap tinggi ketimbang lap chamois untuk mengeringkan permukaan bodi mobil setelah selesai dicuci.?

Baca Juga:
Intip Bagaimana Proses Restorasi di Carsome Certified Lab

?5. Lakukan Maintenance Berkala (Poles dan Autodetailing)?Langkah terakhir untuk menjaga kilau cat, sebaiknya dilakukan mainatenance perawatan secara berkala. Hal ini untuk memberikan proteksi terhadap cat kendaraan Anda. Selain itu, perawatan secara berkala untuk menjamin tampilan mobil Anda lebih terjaga. 


(uda)