Perawatan Mobil

Waspadai Jamur dan Karat yang Bikin Tampilan Mobil Kurang Oke

Perawatan kendaraan di musim hujan, diperlukan perhatian ekstra. A2
Perawatan kendaraan di musim hujan, diperlukan perhatian ekstra. A2

Autogear.id - Masuki musim penghujan, pemilik kendaraan harus lebih ekstra dalam melakukan perawatan mobil. Selain bertujuan untuk keselamatan di jalan, juga supaya mobil lebih awet dan tampilannya tetap baik. Salah satu masalah yang menghantui pemilik kendaraan, pada mobil kesayangannya di musim penghujan adalah timbulnya jamur dan karat di bodi mobil.

“Jamur dan karat, bukan cuma bikin tampilan mobil jadi kurang sedap dipandang. Tapi juga membuat komponennya lebih cepat rusak. Sebaiknya pelanggan rutin melakukan perawatan kendaraan,” beber Aftersales Business Div. Head Auto2000, Nur Imansyah Tara. Berikut ini penjelasan Auto2000, agar mobil terhindar dari masalah tersebut. 

1. Lokasi Parkir 
Sebisa mungkin pastikan mobil diparkir di lokasi yang beratap. Menghindari bodi mobil dari terpaan curah hujan secara langsung. Begitu pula terlindung dari sengatan panas, apabila tiba-tiba matahari muncul dari  balik awan dan menyorot langsung ke bodi. 

2. Rajin Mandikan Mobil  
Jangan biarkan air hujan menempel terlalu lama di tubuh mobil. Segera mandikan mobil atau semprot dengan air rumah setelah mobil diguyur hujan, supaya tak meninggalkan jamur. Jangan hanya bodinya saja, tapi juga bagian kolong mobil di mana berpotensi terkena cipratan genangan air hujan, yang tercampur dengan zat-zat kimia dan bisa menyebabkan karat. 

Baca Juga:
911 Dakar, Sport Dua Pintu Pertama Pelahap Gurun Pasir dan Danau Es

Mencuci mobil secara  menyeluruh juga sebaiknya dilakukan pelanggan, ketika mobil baru saja melalui wilayah yang dekat dengan pantai atau malah terkena air laut yang mengandung garam berlebih.  

3. Waspada Getah dan Serangga 
Pada saat perjalanan jarak jauh, pastikan bodi mobil aman dari bekas-bekas benturan dengan serangga atau terkena getah pepohonan. Bila ternyata ditemukan kondisi demikian, sebaiknya jangan dibiarkan lama dan sebaiknya langsung cuci mobil, dengan sampo mobil yang direkomendasikan.  

4. Goresan pada Cat Bodi 
Kemudian yang perlu diperhatikan, pastikan cat pada bodi mobil tak ada yang terkelupas. Entah itu akibat benturan atau hal lain. Pasalnya, celah tersebut berpotensi sebabkan karat.  

“Pelanggan juga bisa langsung menghubungi bengkel Auto2000 terdekat, untuk segera dilakukan pemeriksaan dan perbaikan. Bisa memanfaatkan bengkel Body & Paint kami dengan kualitas standar Toyota Jepang,” terang Nur Imansyah Tara.


(uda)