Dakar Rally Etape-7 Mobil

Pereli Audi Bertumbangan, Rajhi Bawa Toyota Kian Manguat

Mattias Ekstrom yang menjadi harapan terakhir Team Audi Sport di Dakar Rally 2023, malah tumban di etape 7 karena suspensi mobilnya bermasalah. DR/Lopez
Mattias Ekstrom yang menjadi harapan terakhir Team Audi Sport di Dakar Rally 2023, malah tumban di etape 7 karena suspensi mobilnya bermasalah. DR/Lopez

Autogear.id - Harapan Team Audi Sport untuk membuktikan performa terbaik mobil listrik balap mereka di ajang balap Dakar Rally 2023 dengan menggaet sejumlah pereli kawakan, ternyata belum berbuah manis. Mattias Ekstrom yang menjadi andalan ketika Carlos Sainz dan rekan setimnya yang lain yaitu Stephane Peterhansel mengalami kecelakaan di etape sebelumnya, di etape ketujuh malah giliran Ekstrom yang mengalami masalah. 

Lintasan yang melintang sejauh 641 km termasuk 472 km etape spesialnya yang mengitari sisi selatan Al Duwadimi pada Sabtu (7/1/2023), dihiasi dengna lansekap yang cukup beragam. Selain gurun pasir dengan beberapa gundungan batu gunung dan rumput onta, juga karena sistem navigasi yang sangat menyulitkan.

Ekstrom yang mengalami masalah suspensi rusak setelah menghantam gundukan batu yang cukup besar membuat mobilnya tak bisa jalan sedikit pun. HIngga akhirnya saat Sainz baru akan melewatinya, pereli senior itu malah mampir dan memberikan suspensinya kepada Ekstrom. Namun hal ini juga tak cukup membantu, lantaran mobil servis mereka baru datang setelah 3 jam berada di lokasi yang sama.

Baca Juga:
Nasib Buruk Duo Pereli Audi Berlanjut, Attiyah Kian Tak Terkejar

"Ya, ini jadi etape lain yang tak baik buat kami dan juga buat keseluruhan balap ini. Namun kami akan terus melanjutkan balapan hingga ke etape terakhir untuk mempelajari semua aspek yang bisa kami maksimalkan di mobil ini. Di etape kali ini, saya memang tak ngotot untuk tampil mengejar ketertinggalan karena potensi Ekstrom lebih besar. Saya akhirnya berhenti dan memberikan suspensi mobilku kepadanya. Sayangnya, truk servis telat datang dan kami kehilangan banyak waktu," sesal Sainz.

Yazeed Al Rajhi pun menjadi pembalap yang menyentuh garis finish pertama kali dengan catatan pencapaian 3 jam 6,23 menit. Ia diikuti oleh Vaidotas Zala yang menggunakan Prodrive Hunter dengan selisih +8,54 menit dari Rajhi dan kemudian Guerlain Chicherit yang juga menggunakan Prodrive Hunter dengan selisih +10,15 menit di belakang.

Sementara Nasser Al-Attiyah yang menjadi penguasa klasemen sementara, hanya bisa finish di luar 10 besar dengan selisih nyaris 20 detik di belakang Rajhi. Namun tentu ini bukan masalah besar lantaran keunggulannya di klasemen masih sekitar 1 jam. Lagi pula Rajhi bukan pesaing terdekatnya di klasemen pereli DR 2023.  

Hasil Dakar Rally Mobil Etape 7:
1. Yazeed Al-Rajhee, Overdrive Racing, 3 jam 5,23 menit
2. Vaidotas Zala, Teltonika Racing, +8,54 menit
3. Guerlain Chicherit, GCK Motorsport, +10,15 menit


(uda)