Tips Perawatan Motor

Mengganti Bohlam Sepeda Motor, Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Penggantian bohlam kendaraan bermotor bukanlah hal yang sulit, tapi ada beberapa bagian yang patut diperhatikan. AG - Uda
Penggantian bohlam kendaraan bermotor bukanlah hal yang sulit, tapi ada beberapa bagian yang patut diperhatikan. AG - Uda

Autogear.id - Mengganti lampu jenis LED ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya ketahui tipe socket dan tipe kelistrikan motor Anda. Kondisi kelistrikan pada motor haruslah dalam kondisi baik, terutama pada type kelistrikan AC. 

Tegangan pada motor tipe kelistrikan AC bergantung pada beberapa komponen, salah satunya adalah Limiter. Output tegangan Motor dengan kelistrikan AC akan bertambah besar seiring dengan RPM motor. 

Semakin besar RPM akan semakin besar tegangannya (bisa mencapai lebih dari 90V).  Jika kondisi Limiter bermasalah, kemungkinan untuk terjadi putusnya Lampu LED akan sangat besar dikarenakan Limiter berfungsi sebagai pembatas output tegangan bahkan ketika motor dalam kecepatan atau RPM tinggi.

Selanjutnya, problem pada lampu motor seperti redup, putus atau mati kerap ditemui pada motor terutama lampu bawaan masih jenis Halogen. Lampu motor sering putus biasanya diakibatkan oleh lampu halogen yang sering terguncang saat berkendara dan kiprok limiter yang sudah rusak atau mati sehingga membuat lampu motor sering putus. 

Baca Juga:
Skutik Premium Aprilia SR-GT 200 Meluncur, Harga Rp60 Jutaan

Autovision LED Nitro menjadi solusi untuk motor yang menginginkan kenyamanan berkendara karena dibekali dengan daya up to 10W yang membuatnya lebih terang dari halogen standar motor. 

Selain itu untuk para konsumen roda dua yang menginginkan keamanan berkendara, LED Nitro telah dibekali dengan daya terang hingga 1000LM yang membuatnya tetap aman dan stabil terangnya saat dipakai berkendara. Terakhir produk ini pun sangat cocok untuk digunakan untuk berbagai jenis dan merek motor karena sudah mengakomodir kelistrikan AC maupun DC.

“LED Nitro merupakan pengembangan baru secara total. Baik dari LED Chips terbaru yang paling powerful, ditunjang LED driver skema terbaru yang menunjang full AC/DC dengan pengembangan fokus untuk pasar sepeda motor di Indonesia. Tujuannya, untuk memberikan kenyamanan dan kemanan dalam mengemudi pada malam hari dan segala kondisi,” jelas R&D SPN, Andry Raja pada Sabtu (16/7/2022).

Ia juga menegaskan bahwa memang menjadi sangat penting untuk memperhatikan apa saja yang menjadi bagian penting dari unsur kelistrikan. Mengingat penggunaan bohlam yang tak sesuai juga punya pengaruh penting. Untungnya, mereka sudah punya produm yang sesuai untuk tipe kelistrikan apa pun.

tips perawatan motor, merawat motor, tips merawat motor, komponen motor, perawatan komponen motor, lampu motor, ganti bohlam motor, kelistrikan motor, Autovision LED Nitro


(uda)