Tips Merawat Soket Listrik pada Motor

Tips merawat soket listrik pada motor (Foto: Instagram)
Tips merawat soket listrik pada motor (Foto: Instagram)

Autogear.id - Seiring perkembangan jaman dan teknologi saat ini, sepertinya power socket atau soket listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan berkategori penting, di setiap kendaraan bermotor roda dua.

Soket listrik yang terdapat pada sepeda motor menjadi salah satu fitur yang dibutuhkan pengendara motor belakangan ini. Pasalnya, fitur yang juga dikenal dengan sebutan soket casan pada sepeda motor ini, berperan untuk mengisi daya telepon selular (ponsel) atau smartphone para pengendaranya.

Tetapi tentunya perlu pula diperhatikan, selain sebagai penunjang kebutuhan mobilitas penyemplak roda dua, sehingga bisa tetap terkoneksi dengan ponsel atau smartphone, pengendara juga harus lebih peduli, untuk melakukan perawatan yang tepat dan rutin pada soket listrik ini.

Selain itu, demi menjaga durabilitas fitur soket listrik ini, pengendara motor juga perlu mengimbangi dengan sedikit pengetahuan. Terkait bagaimana langkah sederhana, dalam merawat fitur tersebut secara optimal.

Berkenaan dengan hal tadi, berikut ini ada sejumlah tips dalam merawat soket listrik di sepeda motor yang kiranya dapat menjadi bahan pemahaman.

1. Pastikan Soket Bersih

Sebagai pengendara motor, selain menjaga berbagai komponen sepeda motor tetap bersih, pastikan pula soket listrik selalu dalam keadaan bersih. Antara lain dengan mencegah debu-debu halus masuk ke dalam soket listrik, yang berisiko menyebabkan penyumbatan arus listrik.

2. Tutup Soket

Umumnya soket listrik pada sepeda motor dilengkapi penutup karet. Oleh karena itu, upayakan selalu menutup lubang soket. Di antaranya untuk mencegah korosi, korsleting listrik dan memutus sekring, lantaran kemasukan air saat turun hujan atau ketika pemilik sedang mencuci sepeda motornya. 

3. Rutin Bersihkan Soket

Sudah selayaknya pemilik sepeda motor menjadikan rutinitas atau kebiasaan, dalam membersihkan soket listrik. Satu cara gampang untuk dilakukan adalah dengan menyemprotkan angin, menggunakan udara bertekanan rendah dari kompresor.

4. Gunakan Perangkat yang Sesuai

Pemilik sepeda motor yang pada kendaraannya tersebut tersedia soket listrik, hendaknya selalu menggunakan USB charger kit sesuai spesifikasi sepeda motornya. Umumnya power socket dapat menggunakan USB charger kit dengan daya maksimum 12 volt, dan arus 2 ampere, agar sistem kelistrikan pada soket listrik dapat berfungsi normal.

5. Hindari Menggunakan Perangkat Berlebihan

Sebagai tindakan perlindungan pada soket listrik, hindari memasang perangkat elektronik di luar spesifikasi yang sudah ditentukan. Apalagi sampai mengubah jalur kelistrikan. Secara normalnya, jika terjadi korsleting maka sekring akan memutus arus secara otomatis. Sehingga bila terjadi korsleting atau kerusakan, pengendara cukup mengganti sekring yang rusak. Karena umumnya korsleting hanya akan memutus sekring, untuk bagian charger.


(acf)