Memilih Ban yang Cocok untuk Musim Hujan, Perhatikan 3 Hal Ini!

Tips Memilih Ban Motor yang cocok untuk Musim Hujan (Foto: npdien_Pixabay)
Tips Memilih Ban Motor yang cocok untuk Musim Hujan (Foto: npdien_Pixabay)

Autogear.id - Sobat bikers sepertinya harus semakin waspada ketika berkendara, mengingat saat ini sudah masuk musim hujan. Salah satu komponen yang harus diperhatikan pengendara motor adalah si karet bundar alias ban

Sebagai pengendara motor yang peduli akan keamanan dan kenyamanan, tentunya harus pintar-pintar dalam memilih ban. Terutama yang sesuai dengan kondisi musim hujan.

Berikut, 3 hal atau tips yang harus diperhatikan saat memilih ban yang cocok untuk musim hujan:

1. Pattern atau Kembangan Ban

Berkendara motor di musim hujan, dengan trek yang cenderung basah, pengendara harus memperhatikan pattern groove, yang dapat berfungsi di kondisi lintasan basah. 

Namun tidak selalu juga jika semakin banyak groove, akan semakin tidak licin di kondisi jalan yang basah. 

"Ban masih perlu area tapak, yaitu area non groove, dengan memperhatikan pula daerah yang tingkat curah hujannya berbeda”, kata Agung Yulianto, General Manager Kingland Tire. 

Menurut Agung, pemilihan ban kombinasi groove horizontal dan directional, serta penggunaan center groove dapat diaplikasikan untuk melibas trek yang basah.

Tingkat kedalaman groove juga harus diperhatikan, terkait usia pakai. Ban dengan kedalaman di atas 80%, kemampuan tapak untuk mengalirkan genangan air lebih baik.

Sementara ban dengan kedalaman yang lebih rendah, batas toleransi 25% dari kedalaman awal, maka potensi hydroplanning nya akan tinggi.

2. Profil Ban

Profil ban terkait dengan profil roda dari motor yang digunakan. Lebar tapak yang sesuai dengan velg, menghasilkan area kontak yang tepat. 
Dengan begitu, maka kontrol kendaraan akan lebih mudah, baik pada kondisi lintasan kering terutama dalam lintasan basah.

"Memilih ban yang lebih kecil dari ban bawaan pabrik, berpotensi mengurangi kemampuan daya cengkeram ban pada permukaan jalan yang basah", kata Agung.

3. Perhatikan Kompon Ban

Perlu diketahui, jenis kompon pada ban juga sangat mempengaruhi kemampuan ban di lintasan. 

Selesai diguyur hujan, permukaan aspal bisa jadi sangat bersih atau malah banyak material seperti kerikil dan lainnya. Kompon yang lembut membantu tapak ban dalam beradaptasi.

Agung kembali menekankan, menghadapi musim penghujan, pastikan ban sesuai ukuran velg yang direkomendasikan. Pilih ban dengan pattern yang sesuai untuk lintasan basah.

“Periksa kedalaman groove apakah masih relatif aman, di atas 60%. Disarankan usia ban kurang dari satu setengah hingga dua tahun”, tukasnya.


(acf)