Serba-Serbi MotoGP

Pembalap MotoGP Bakal Konvoi di Jakarta, Jokowi Ikut Riding?

16 pembalap MotoGP bakal konvoi di Jakarta, termasuk 4 pembalap lain dari kelas berbeda. Jokowi pun dikabarkan ikut riding bersama mereka. IG MotoGP
16 pembalap MotoGP bakal konvoi di Jakarta, termasuk 4 pembalap lain dari kelas berbeda. Jokowi pun dikabarkan ikut riding bersama mereka. IG MotoGP

Autogear.id - Kembalinya MotoGP ke Indonesia menjadi momentum yang benar-benar ditunggu oleh para fans di negara ini. Meski salah satu pembalap legenda yaitu Valentino Rossi tak lagi membalap di ajang ini, namun sambutan pemerintah untuk event internasional ini sangat besar. 

Usai menjalani seri perdana di Qatar akhir pekan lalu, para pembalap MotoGP dijadwalkan bakal bertemu dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 16 Maret 2022 mendatang. Bahkan mereka dijadwalkan riding bareng presiden usai menjamu para pembalap ini di Istana Merdeka. Terdapat 16 pembalap yang sudah mengkonfirmasi kehadiran mereka di Jakarta untuk melakukan konvoi bersama. 

Sisanya adalah 2 pembalap Moto2 dari Pertamina Mandalika SAG Team, satu pembalap Moto3 yaitu Mario Suryo Aji dan pembalap Idemitsu Asia Talent Cup 2022, Veda Ega Pratama yang langsung naik podium di seri perdana IATC Qatar akhir pekan lalu.

Para pembalap ini akan melakukan konvoi dengan menggunakan motor dari brand yang mereka usung masing-masing. Bahkan Jokowi pun dikatakan bakal ikut dalam konvoi bersama 20 pembalap ini. 

Baca Juga:
Dana Sirkuit Formula E Membengkak Rp60 Miliar, Apa yang Salah?

"Ya benar, para pembalap ini akan melakukan konvoi di Jakarta sebelum menuju ke Mandalika, Lombok nanti. Ini menjadi agenda yang sedang kami siapkan untuk membuktikan bahwa Indonesia siap menggelar kembali event-event berskala Internasional. Teknisnya seperti apa? Ini masih kami susun agar semuanya berjalan dengan lancar," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir pada Senin (7/3/2022).

Sebelum melakukan konvoi keliling Jakarta di beberapa spot, ke-20 pembalap ini akan bertemu dan berinteraksi langsung dengan presiden di Istana Merdeka. Setelahnya mereka akan langsung melakukan konvoi ke beberapa titik yang ditentukan. 

Lantaran teknisnya masih dibicarakan, Erick Thohir pun belum mengungkapkan jalur yang bakal mereka lewati. Juga soal keterlibatan komunitas dan para pecinta MotoGP dari kalangan selebriti. Namun tentu konvoi ini patut ditunggu pada momennya nanti, karena ini akan jadi momen unik MotoGP yang belum tentu akan terulang di tahun-tahun mendatang.

Daftar pembalap MotoGP yang ikut dalam konvoi di Jakarta:
Marc Marquez (Repsol Honda Team)
Pol Espargaró (Repsol Honda Team)
Joan Mir (Team Suzuki Ecstar)
Alex Rins (Team Suzuki Ecstar)
Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)
Jack Miller (Ducati Lenovo Team)
Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP™)
Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP™)
Johann Zarco (Pramac Racing)
Jorge Martin (Pramac Racing)
Alex Marquez (LCR Honda Castrol)
Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)
Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGP™ Team)
Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP™ Team)
Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team)
Marco Bezzecchi  (Mooney VR46 Racing Team)
Bo Bendsneyder (Pertamina Mandalika SAG Team)
Gabriel Rodrigo (Pertamina Mandalika SAG Team)
Mario Aji (Honda Team Asia)
Veda Ega Pratama (Idemitsu Asia Talent Cup)


(uda)