Formula 1 Arab 2022

Latifi Bikin Perez Gagal Podium, Verstappen Ungguli Duo Ferrari

Max Verstappen bikin kejutan di seri kedua setelah serentetan drama di F1 Arab. RedBull CP
Max Verstappen bikin kejutan di seri kedua setelah serentetan drama di F1 Arab. RedBull CP

Autogear.id - Ambisi duo pembalap Ferrari untuk merebut kemenangan di posisi puncak seperti pada seri pertama F1 Bahrain, memang tak mudah. Lantaran Sergio Perez yang tampil apik di sesi kualifikasi, juga tampil sangat solid di sesi balapan yang baru saja berlangsung pada Minggu (27/3/2022) di Jeddah, Arab. 

Namun kemenangan yang diharapkan Perez aka Checo, belum juga menjadi miliknya di F1 Arab. NIcolas Latifi yang tahun lalu secara tak langsung membuat Lewis Hamilton gagal meraih titel juara dunia, di balapan kali ini kembali bikin 'onar'. Ia mengalami kecelakaan di pertengahan balap padahal Checo baru saja kelar melakukan pit stop.

Akibatnya ketika Ia tertinggal jauh lantaran baru satu lap menyelesaikan pit stop dan kecelakaan yang menimpa Latifi terjadi, membuat pembalap yang berada tepat di belakangnya seperti Charles Leclerc dan rekan setimnya sendiri yaitu Max Verstappen sontak mengambil-alih jadi pembalap terdepan. 

Meski Checo sudah berupaya keras untuk meraih kembali posisinya, namun regulasi balap tahun ini membuat mobil-mobil agak sulit mengejar ketertinggalan yang terlampau jauh. Sehingga Ia harus puas berada di belakang Carlos Sainz yang berarti Ia tak kebagian posisi finish podium.

Baca Juga:
Kejutan-Kejutan Jelang F1 Jeddah, Bikin Penasaran Siapa Pemenangnya

Sementara rekan setimnya yaitu Verstappen, cukup beruntung lantaran mampu memanfaatkan performa terbaik mobilnya dan menyusul Leclerc di momentum yang tepat. Memang Leclerc sempat bertarung kembali dan tak pernah lepas jauh dari posisi Vestappen, namun pembalap juara dunia 2021 itu memang punya trik yang cukup rumit untuk dikalahkan oleh jagoan Ferrari.

Sedangkan Lewis Hamilton yang mengawali balapan dari posisi 16, kali ini hanya mampu mengamankan posisi finish ke-10. Ia juga terkena imbas sial karena mobil yang ditunggangi Fernando Alonso dan Daniel Ricciardo mengalami masalah tepat di jalur masuk pit. Sehingga Ia terpaksa tetap berada di lintasan di momen VIrtual Safety Car dan membuat jaraknya dari pembalap yang ada di belakang itu kian dekat.

Hasil balap F1 Arab 2022:
1. Max Verstappen, NED RedBull Racing
2. Charles Leclerc, MON Scuderia Ferrari
3. Carlos Sainz, SPA Scuderia Ferrari
4. Sergio Perez, MEX RedBull Racing
5. George Russel, GBR Mercedes AMG


(uda)