Motor Listrik

Duet Lazada dan Smoot Motor, Luncurkan Blue Vehicle Khusus Kurir Logistik

Siapkan armada khusus untuk kurir Lazada Logistics, Smoot menjajaki kerja sama untuk pengantaran barang. Lazada Indonesia
Siapkan armada khusus untuk kurir Lazada Logistics, Smoot menjajaki kerja sama untuk pengantaran barang. Lazada Indonesia

Autogear.id – Penggunaan kendaraan listrik saat ini nyaris sudah menjadi syarat untuk melakukan efisiensi dalam sebuah perusahaan. Terutama untuk perusahaan yang bergerak di bidang kurir atau delivery segment. Hal ini juga yang membuat Lazada Indonesia (Lazada), melalui unit logistiknya Lazada Logistics, berkolaborasi dengan PT Smoot Motor Indonesia (Smoot), produsen kendaraan listrik bermerek Smoot. 

Mereka menyediakan ‘Blue Vehicle’ berupa armada kendaraan listrik, untuk pengiriman paket yang dilakukan para mitra kurir. Dalam kerja sama ini, Smoot akan menyediakan Smoot Motor, sebagai kendaraan utama berbasis listrik bagi frontliner Lazada Logistics di Jakarta tersebut.

Chief Logistics Officer Lazada Indonesia, Philippe Auberger menyampaikan, kolaborasi dengan Smoot akan menambah armada kendaraan listrik ke dalam ekosistem logistik Lazada, sebagai upaya mendukung program Langit Biru.

“Membangun ekosistem eCommerce yang ramah lingkungan dan berkelanjutan adalah komitmen kami. Sehingga mengurangi jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada, menjadi salah satu kontribusi nyata,” urainya.

Baca Juga:
All New Toyota Voxy Kian Ciamik, Apa yang Baru?

Lanjut Auberger, dengan armada Blue Vehicle, yang juga merupakan warna utama Lazada, kerja sama dengan Smoot ini sekaligus menjadi wujud upaya menawarkan solusi logistik berkualitas bagi bisnis di Indonesia. 

Founder dan CEO PT Smoot Motor Indonesia, Irwan Tjahaja mengatakan, Smoot berharap kolaborasi dengan Lazada dapat berkontribusi, membantu pengurangan polusi udara di Indonesia.

“Dengan beralih ke Smoot yang terintegrasi dengan Swap Battery System, frontliner Lazada Logistics dapat melakukan pengiriman dengan jangkauan lebih jauh. Tanpa khawatir kehabisan baterai, serta dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari,” kata Irwan. 

Smoot Motor dirancang menggunakan Swap Battery System yang terintegrasi dengan aplikasi Swap Energi. Penggunanya bisa memantau kondisi baterai melalui aplikasi tersebut.

Baca Juga:
Mobil Ini Punya Fitur Anti Was-was Saat Hujan, Seperti Apa?

Kemudian pengguna bisa melakukan penukaran baterai motor di ratusan lokasi penukaran baterai (SwapPoin) yang tersedia di berbagai lokasi minimarket dan stasiun bahan bakar di Jakarta. 

Frontliner Lazada diklaim Smoot Motor hanya butuh waktu 9 detik, untuk menukar baterai kosong dengan yang baru di SwapPoin. Setelah itu mereka bisa kembali lanjutkan perjalanan untuk mengantar paket ke pelanggan.

Sebelumnya, Lazada telah bekerja sama dengan Grab, dalam penyediaan armada motor listrik di Jabodetabek.

Lazada juga bekerja sama dengan Westbike Messenger Service. Yakni penyediaan mitra kurir dan armada sepeda, untuk pengiriman paket ke pelanggan di beberapa area Jakarta dan Bandung. 


(uda)