HOG Anak Elang Jakarta Chapter Gelar Safety Riding di 'Rumah Rakyat'

Latihan praktek safety riding di halaman Gedung Parlemen, Rumah Rakyat (Foto: HOG Anak Elang Jakarta Chapter)
Latihan praktek safety riding di halaman Gedung Parlemen, Rumah Rakyat (Foto: HOG Anak Elang Jakarta Chapter)

Autogear.id - Para pemilik motor Harley-Davidson yang bernaung di bawah dealer resmi Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, menggelar pelatihan keselamatan berkendara motor di kompleks MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat.

Harley Owners Group (HOG) Anak Elang Jakarta Chapter untuk pertama kalinya melakukan pelatihan safety riding, di bawah Pengurus Periode 2021-2024. Pelatihan yang berlangsung Minggu (28/11) langsung ditangani Jusri Pulubuhu, pimpinan dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

“Kegiatan hari ini istimewa karena dilaksanakan di Kompleks Gedung MPR/DPR RI,” tutur Suherli, Direktur HOG Anak Elang Jakarta Chapter. 

Menurut Suherli, sebagai komunitas, ingin mengajak anggota HOG Anak Elang Jakarta Chapter untuk melihat langsung Gedung Parlemen, rumah rakyat. 

“Ini juga berkat keterbukaan dari Ketua MPR RI, H. Bambang Soesatyo, yang memberikan kesempatan dan tempat untuk kita melakukan pelatihan keselamatan berkendara. Bahkan beliau sempatkan diri untuk hadir di sela-sela kesibukan”, tukasnya. 

embed

(Suasana pelatihan safety riding yang digelar komunitas HOG Anak Elang Jakarta Chapter di gedung DPR/MPR RI)

Dalam sambutannya, Bamsoet panggilan akrab Bambang Soesatyo mengingatkan, bahwa mengendarai kendaraan berkubikasi besar juga memiliki tanggung jawab besar. 

“Yang paling penting adalah menjaga keselamatan kita dan juga orang lain,” kata Bamsoet.

Karena itu, Bamsoet juga mengapresiasi inisiatif HOG Anak Elang Jakarta Chapter dalam meningkatkan skill dan pengetahuan keselamatan berkendara bagi anggota komunitas yang berdiri tanggal 5 Juli 2017 tersebut.

Menurut Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ini, dengan melakukan tata cara berkendara yang benar juga akan menunjukkan bahwa kita, Indonesia, memiliki adat dan istiadat yang baik. 

Demi mencapai misi HOG Anak Elang Jakarta Chapter untuk melaksanakan touring dengan zero accident, serta mengedepankan keamanan dan kenyamanan atau safety first, maka safety riding training ini diagendakan menjadi kegiatan wajib.

Ternyata animo peserta dalam kegiatan yang didukung Kemplo Riders Indonesia, Auto2000 dan Kratingdaeng ini begitu tinggi. Sehingga peserta melebihi ekspektasi. “Jumlah peserta mencapai 100 orang”, kata Hari Gunawan, Ketua Panitia HOG Anak Elang Jakarta Chapter Safety Riding Training. 

Lanjut Hari, setiap peserta training telah mendapatkan dua dosis vaksinasi Covid-19 dan menunjukkan lolos tes swab antigen Covid-19 terbaru dengan hasil negatif. 

Sekitar 80% dari jumlah peserta adalah anggota baru, termasuk yang belum pernah ikut kegiatan touring. 

“Agar pelatihan terlaksana optimal, panitia belum bisa menampung semua peminat. Nantinya safety riding training akan diadakan kembali awal tahun 2022,” jelasnya.

Sebagai catatan, saat ini anggota HOG Anak Elang Jakarta Chapter mencapai 800 orang, dengan jumlah terbesar didominasi bikers berusia di bawah 35 tahun.


(acf)