Dakar Rally 2022 (Etape-2)

Pandai Baca Navigasi, Barreda Buka Asa buat Honda

Joan Barreda Bort bawa kemenangan di etape kedua berkat pembacaan sistem navigasi yang tepat. HRC
Joan Barreda Bort bawa kemenangan di etape kedua berkat pembacaan sistem navigasi yang tepat. HRC

Autogear.id - Konsistensi para pereli yang menggunakan motor dari KTM, beberapa tahun terakhir sulit dipungkiri. Meski beberapa kali Yamaha dan Honda mulai memimpin cukup jauh, namun para pengguna KTM selalu tampil konsisten dan meraih titel juara di akhir lomba. Namun di etape kedua Dakar Rally Arab pada Senin (3/1/2022) dari Ha'il ke Al Qaisumah, Honda membuka asa.

Melalui Joan Barreda Bort, pereli kawakan asal Spanyol yang tampil gemilang membaca navigasi di medan ekstrim, membuatnya langsung tampil meraih kemenangan. Ia unggul dari pereli Gas Gas Factory Racing, Sam Sunderland yang menguntit 5 menit 33 detik di belakang. 

Sementara Daniel Sanders yang tampil agresif di dua etape awal, justru mengalami masalah sistem pembacaan navigasi. Posisinya pun langsung melorot cukup jauh dengan selisih 24 menit dan finish di posisi 23. Meski demikian, Ia hanya tergeser di klasemen sementara ke posisi ketiga dengan selisih tipis 3 menit dan urutan ketiga.

Baca Juga:
Vespa Elettrica RED, Si Merah Kontra Covid-19

Pereli yang justru menyelamatkan posisi Gas Gas Factory Racing adalah Sam Sunderland. Pereli asal Inggris itu menguntit Barreda dengan cukup ketat dan meski belum meraih kemenangan etape, namun posisinya di klasemen berada di urutan teratas. 

Tentu ini kembali mengingatkan bahwa konsistensi akan membawa kemenangan di akhir sesi, meski sekali pun tak meraih kemenangan etape. Namun jika melihat apa yang bisa dilakukan Sunderland, rasanya tinggal menunggu waktu saja untuk memenangi etape-etape selanjutnya. Mengingat ini masih sangat awal dan segala sesuatunya masih bisa terjadi. 

Hasil Dakar Rally Arab Etape-2 (motor): 
1. (ESP) JOAN BARREDA BORT, MONSTER ENERGY HONDA, 03H 31' 20''
2. (GBR) SAM SUNDERLAND, GASGAS FACTORY RACING, + 00H 05' 33''    
3, (ARG) KEVIN BENAVIDES, RED BULL KTM FACTORY RACING, + 00H 05' 54''

Klasemen sementara Dakar Rally Arab (motor):
1. Sam Sunderland, GasGas, 08:31:29     
2. Adrien van Beveren, YAMAHA, +00:02:51
3. Daniel Sanders    , GasGas, +00:03:29


(uda)